Umur Bumi

by -291 views
Umur Bumi
Sumber: gotquestions.org

Untuk mengetahui umur bumi dengan mengukur cara yang menunjukkan kemajuan metodologi pengetahuan manusia. Secara kronologis dapat disebutkan 4 teori yaitu:

  1. Teori Sedimen

Dalam teori ini, untuk menghitung umur bumi dengan mengukur ketebalan lapisan sedimen yang membentuk batuan. Cara perhitungan dengan mengukur endapan batuan pada muara sungai dalam setahun. Dengan mengukur tebal endapan dalam setahun dapat diketahui berapa umur lapisan batuan tersebut. Dari perhitungan dengan cara tersebut diperkirakan umur bumi 500 juta tahun.

  1. Teori Kadar Garam

Berdasarkan teori ini, laut terbentuk pada zaman purba dalam keadaan tawar. Terjadilah siklus penguapan air laut menjadi awan, awan naik ke darat, ke pegunungan, terjadilah kondensasi yang selanjutnya terbentuk awan dan hujan. Air hujan mengalir ke laut membawa serta garam-garam dari tanah ke laut. Penguapan berulang, namun garam yang terlarut dalam air tertinggal, demikian seterusnya dan kadar garam air laut semakin menguat. Dalam siklus yang telah memakan waktu jutaan tahun, kadar garam air laut saat ini rata-rata 3 %. (Laut Mati kadar garamnya 33%, sedangkan laut Baltik hanya 0,05%). Dengan mengukur besarnya kenaikan kadar garam air laut dari tahun ke tahu dihitung dan diperkirakan umur bumi lebih dari 1.000 juta tahun.

  1. Teori Termal

Bumi pada awalnya terbentuknya panas sekali, makin lama makin berkurang sehingga mencapai keadaan tertentu sehingga memungkinkan kehidupan di dalamnya. Diperkirakan proses pendinginan dari awal sampai saat ini dan diduga oleh Eifin ahli fisika dari Inggris telah berlangsung 20.000 juta tahun.

  1. Teori Radioaktivitas

Dengan diketahuinya unsur-unsur radioaktif, bahwa diperlukan waktu tertentu untuk menguraikan separuh bahan radioaktif dari suatu keadaan ke tingakat susunan unsur yang lebih rendah, maka dihitunglah jumlah zat radioakttif yang telah terurai tersebut untuk mengukur bumi. Dengan cara ini umur bumi diperkirakan antara 5.000 juta dan 7.000 juta tahun. Sejarah bumi dibagi atas 4 zaman geologi menurut, A. Holmes 1947. Perhatikan ikhtisar sejarah bumi berikut.

Tabel Umur Bumi