Tips Budi Daya Serta Cara Membedakan Ikan Green Tiger Jantan dan Betina

by -31 views
Tips Budi Daya Serta Cara Membedakan Ikan Green Tiger Jantan dan Betina
Sumber: aquariumfishparadise.com.au

Sebutan lain dari ikan green tiger adalah “the most green tiger barb fish” karena sisiknya yang berwarna hijau dan hitam serta membentuk pola khusus di tubuh. Ujung-ujung siripnya di bagian punggung merah kehitaman, sedangkan di bagian lain merah transparan. Bagi yang tertarik membudidayakannya, penting untuk mengetahui cara membedakan ikan green tiger jantan dan betina sebab keduanya harus dipelihara secara terpisah.

Ikan green tiger memiliki reputasi yang terkenal di kalangan pecinta ikan hias, khususnya ikan hias air tawar. Awalnya, ikan ini hanya ada di wilayah Sumatera, namun sekarang sudah tersebar ke Kalimantan, Jawa, dan daerah lainnya seperti di lansir https://angkasa.co.id/. Sebenarnya ikan tiger ada yang berwarna emas dengan garis hitam di sisi tubuhnya. Selain itu, jenis lainnya berwarna albino. Baik warna hijau, emas, ataupun albino, ketiganya sama hanya berbeda pada warna dasar tubuhnya saja.

Budidaya Ikan Tiger Green

Sekilas telah disebutkan di atas cara memelihara ikan green tiger adalah harus memisahkan antara jantan dan betina. Itulah mengapa cara membedakan ikan green tiger jantan dan betina akan dibahas selanjutnya. Sebelum itu, simak langkah-langkah dasar yang harus dilakukan:

1. Kolam Untuk Induk

Induk ikan green tiger dipelihara di tangki fiber atau bak beton. Selain dipisahkan, indukan ikan green tiger harus diberi pakan yang tepat. Cacing rambut atau kutu air adalah pakan yang sering diberikan. Pemberiannya dua kali, yaitu pagi dan sore hari. Satu lagi, jangan lupa mengganti air dua hari sekali sebanyak 30% dari air yang ada di kolam.

2. Pemijahan

Ikan jantan diturunkan terlebih dahulu ke kolam pemijahan, setelah itu disusul dengan betina. Sebaiknya ditaruh eceng gondok untuk tempat telur-telur dan berlindung betina setelah proses pemijahan selesai. Bisa juga dibuat penghalang beberapa centi dari dasar akuarium agar induk tidak memakan telurnya.

3. Penetasan

Biarkan telur-telur menetas di dasar akuarium tapi jangan dibiarkan terlalu lama khawatir induk betina memakannya. Jadi pindahkan ke kolam terpisah yang airnya sudah diberi larutan Methylene Blue (1 mg/liter air). Larva ikan baru akan makan setelah hari keempat.

Berikan kutu air, kemudian secara bertahap bisa diberi pakan cacing rambut, cacing sutra, atau pelet. Jangan beri pakan terlalu banyak karena akan memperburuk kualitas air sehingga ikan mati.

Perbedaan Ikan Green Tiger Jantan dan Betina

Sekarang saatnya membahas cara membedakan ikan green tiger jantan dan betina. Perhatikan beberapa cirinya di bawah ini supaya tidak salah memisahkan keduanya:

1. Warna

Ikan jantan memiliki warna tubuh yang lebih cerah jika dibandingkan dengan ikan betina, apalagi menjelang masa pemijahan. Perbedaan yang paling mencolok terlihat pada warna merah di bagian bibir dan sirip. Untuk ikan betina, perubahan warna menjadi cerah tidak begitu kentara. Oleh sebab itu, ikan yang warnanya sangat terang itulah si jantan.

2. Bentuk Tubuh

Ikan jantan ukuran tubuhnya lebih panjang, sedangkan untuk betina cenderung bulat dan pendek. Walaupun keduanya memiliki panjang tubuh maksimal sekitar 7,5 cm, ikan jantan terkesan lebih pipih dan lonjong daripada si betina.

3. Kelamin

Untuk mendeteksi kelamin ikan jantan dan betina memang harus teliti. Apabila akan melakukan pemijahan, kelamin ikan jantan lebih mudah dideteksi karena akan berubah warna diikuti dengan corak tubuhnya yang semakin mencolok. Berbeda dengan si betina yang perutnya membulat dan cenderung lembek saat ditekan atau diraba. Adapun pelvisnya susah dicari karena warnanya biasa saja.

Itulah tips memelihara dan cara membedakan ikan green tiger jantan dan betina. Membudidayakan ikan ini cukup menguntungkan karena ikan betina mampu menghasilkan telur hingga 200 butir. Waktu penetasannya pun tidak lama. Jika sudah menetas, anak-anak ikan aktif berenang. Itu sebabnya banyak orang yang berminat menjadikannya sebagai ikan hias.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *