Teks Eksplanasi : Pengertian, Tujuan, Ciri-ciri dan Strukturnya

by -1,759 views
Teks Eksplanasi : Pengertian, Tujuan, Ciri-ciri dan Strukturnya

Teks Eksplanasi yaitu sebuah teks yang berisi mengenai proses yang berhubungan dengan fenomena alam, ilmu sosial,  ilmu pengetahuan, budaya, dan lain sebagainya. Teks eksplanasi berisi penjelasan secara rinci dan logis yang menggambarkan tahapan-tahapan  dalam suatu proses. Teks ini memberi tahu pada pembaca bagaimana sesuatu itu bekerja atau mengapa sesuatu bisa terjadi.

 

Pengertian Teks Eksplanasi Menurut Beberapa Ahli

Dilansir dari rumusrumus.com, Ada beberapa pengertian teks eksplanasi menurut beberapa ahli, yaitu:

  1. Menurut Anderson

Menurut Anderson teks eksplanasi adalah suatu bentuk teks yang menyajikan serangkaian peristiwa. Tujuannya untuk memberitahukan setiap langkah proses (bagaimana) dan memberi alasan (mengapa).

  1. Menurut Priyatni

Menurut Priyatni teks eksplanasi yaitu sebuah teks yang berisi penjelasan mengenai proses yang berhubungan dengan fenomena alam, budaya, sosial, ilmu pengetahuan, dan lainnya. Teks eksplanasi berasal dari pertanyaan penulis terkait „mengapa‟ dan „bagaimana‟ sebuah fenomena bisa terjadi.

  1. Menurut Isnatun dan Farida

Menurut Isnatun dan Farida teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan tentang terjadinya atau terbentuknya sebuah fenomena alam atau sosial.

 

Tujuan Teks Ekplanasi

Tujuan teks eksplanasi yaitu untuk memberitahukan  kepada pembaca bagaimana sesuatu itu terjadi sehingga pembaca bisa membayangkan dan memahami bagaimana sesuatu tersebut dapat terjadi.

Tujuan  lainnya adalah untuk menerangkan sebuah proses-proses yang terjadi dalam pembentukan sesuatu atau kegiatan yang terkait berhubungan dengan fenomena—fenomena alam, ilmu pengetahuan,  sosial,  budaya, dan lain sebagainya yang tujuannya untuk  menjelaskan mengapa serta bagaimana sesuatu bisa terjadi.

Fokus pembahasan pada explanation text ini  bukan hanya pada subjek yang terlibat pada suatu fenomena tersebut, tapi  juga pada suatu kejadian atau peristiwa yang telah terjadi tersebut.

 

Ciri-ciri Teks Ekspanasi

Seperti pada teks umumnya, teks eksplanasi juga mempunyai ciri-ciri sendiri. Ciri-ciri inilah yang dapat membedakan teks eksplanasi dan teks lainnya. Berikut ciri-cirinya:

  • Memiliki tujuan untuk memberikan pengetahuan, informasi, pengertian, dan pengetahuan.
  • Bersifat menjawab pertanyaan apa, mengapa, serta bagaimana.
  • Disampaikan dengan gaya bahasa yang lugas serta menggunakan bahasa baku.
  • Biasanya disajikan dalam susunan yang logis.
  • Umumnya memuat mengenai penunjuk keterangan cara, penunjuk keterangan waktu, konjungsi kronologis, serta kata tunjuk.
  • Termasuk dalam golongan jenis teks non-fiksi yang di dalamnya terdapat fakta, data, fakta, serta opini yang logis.
  • Sifatnya faktual di mana ia dapat memuat semua informasi yang sifatnya fakta dan ilmiah.
  • Menggunakan konjungsi kausalitas maupun kronologis. Konjungsi kausalitas contohnya antara lain, karena, sebab, oleh sebab itu, oleh karena itu, dan sehingga. Sementara itu konjungsi kronologis contohnya ialah lalu, kemudian, pada akhirnya, setelah itu, dan sebagainya.

 

Struktur Teks Eksplanasi

Terdapat tiga struktur utama dalam pembuatan teks eksplanasi. Hal ini  meliputi pernyataan umum, deretan penjelasan, dan kesimpulan.

  • Pernyataan umum

Pernyataan umum dari teks ini berisi mengenai gagasan yang berupa kalimat-kalimat yang menjelaskan tentang sebuah fakta yang sifatnya umum. Pernyataan umum ini merupakan penjelasan mengenai topik utama.

  • Penjelasan

Deretan dari penjelasan merupakan inti dari sebuah teks eksplanasi. Pada bagian ini berisi kalimat-kalimat yang menjelaskan sebuah pernyataan umum. Deretan penjelasan ini dijelaskan dalam fakta tentang bagaimana proses terjadinya sesuatu  serta sebab akibat sesuatu itu bisa terjadi.

  • Kesimpulan

Kesimpulan atau juga interpretasi yang berisi suatu ringkasan penjelasan dari penulis. Pada bagian ini juga berisi suatu gagasan yang bisa berbentuk tanggapan, pendapat, kesan, dan  pandangan teoretis terhadap sesuatu kejadian.

Itulah penjelasan mengenai teks eksplanasi dari mulai pengertian, tujuan, ciri-ciri dan strukturnya. Semoga dapat menambah pengetahuan Anda.