1. OTONOMI
  2. REGULASI

Presiden Jokowi Bentuk Badan Otorita Pengelola Danau Toba

Otorita Danau Toba, yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden.

Presiden Jokowi Bentuk Badan Otorita Danau Toba (Setkab.go.id). ©2017 Otonomi.co.id Editor : Arry Anggadha | Senin, 27 Juni 2016 18:40

Otonomi.co.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membentuk Badan Otorita Pengelola Kawasan Pariwisata Danau Toba. Pembentukan lembaga ini untuk mempercepat pengembangan dan pembangunan kawasan pariwisata danau terbesar di Indonesia itu.

Pembentukan Badan Otorita itu didasarkan pada Peraturan Presiden Nomor 49 Tahun 2016. Perpres diteken pada 1 Juni 2016.

Dalam Perpres itu disebutkan, untuk melaksanakan pengembangan Kawasan Pariwisata Danau Toba, dibentuk Badan Otorita Pengelola Kawasan Pariwisata Danau Toba.

"Otorita Danau Toba, yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden," bunyi Pasal 1 ayat (2) Perpres ini seperti dikutip dari laman Setkab.go.id.

Menurut Perpres ini, dalam mendukung kelancaran pelaksanaan tugas Dewan Pengarah dibentuk Sekretariat yang dipimpin oleh Sekretaris, dan dijabat oleh Sekretaris Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman. Selain itu, dalam mendukung kelancara pelaksanaan tugas Dewan Pengarah dapat dibantu oleh Kelompok Ahli.

Mengenai Badan Pelaksana, menurut Perpres ini, merupakan satuan kerja di bawah Kementerian Pariwisata, dan akan dibentuk paling lambat setelah 3 (tiga) bulan sejak Perpres ini diundangkan. Berikut isi lengkap Perpres Badan Otorita Pengelola Kawasan Pariwisata Danau Toba.

(AA)
  1. Sumut
  2. Sumatera
  3. Nasional
  4. Regulasi
  5. Perpres Badan Otoritas Danau Toba
KOMENTAR ANDA