1. OTONOMI
  2. RAGAM

Tari Lenso Favorit Soekarno Berasal dari Daerah Mana?

Kata lenso berasal dari bahasa Portugis yang artinya sapu tangan.

Soekarno (Penasoekarno.wordpress.com) ©2017 Otonomi.co.id
Reporter : Stella Maris | Jum'at, 19 Mei 2017 15:08

Otonomi.co.id - Soekarno adalah sosok yang sangat mencintai seni. Bahkan dalam sebuah literatur disebutkan, kalau Soekarno sangat menyukai tari lenso dan dalam setiap pertemuan, tarian itu acap kali menjadi suguhan bagi para tamu undangan.

Nah sebenarnya, darimanakah asal tarian lenso favorit Presiden RI pertama itu? Eklevina Eirumkui dari Balai Pelestarian Nilai Budaya Ambon dalam laman Penari.org menjelaskan, tari lenso merupakan tarian tradisional Maluku.

Dalam perkembangannya mengalami pengaruh kebudayaan asing, akibat penjajahan bangsa Portugis ratusan tahun lalu. Tarian itu dikenal sekitar 1612, saat bangsa Portugis masuk ke Maluku.

Tari Lenso/Dispar.minutkab.go.id/istimewa

Kata lenso berasal dari bahasa Portugis yang artinya sapu tangan. Dalam penampilannya, sapu tangan merupakan properti utama yang harus digunakan penari. Biasanya sapu tangan yang digunakan berwarna putih atau merah. Itu sebabnya tarian ini dinamakan tari lenso.

Sejak saat itu tari lenso semakin dikenal berbagai lapisan masyarakat Maluku. Terlebih di seluruh tempat di pulau Ambon yaitu di jazirah Leitimur, jazirah Nusaniwe, kota Ambon, dan di kepulauan Lease yaitu pulau Saparua, pulau Haruku, dan pulau Nusalaut.

Tarian dengan gerakan jumput--lutut ditekuk rendah sehingga posisi badan berada dalam keadaan setengah duduk-- itu awalnya merupakan tarian sosial. Namun seiring waktu, tarian tersebut dipentaskan saat penyambutan tamu-tamu besar, pelantikan raja, dan acara-acara nasional.

Selanjutnya...

 

 

(SM/SM)
NEXT: Makna Tari Lenso
  1. Ragam
  2. Kebudayaan Daerah
  3. Presiden Soekarno
  4. Soekarno
KOMENTAR ANDA