1. OTONOMI
  2. RAGAM

Sumpit, Alat Perang Andalan Suku Dayak yang Menakutkan

Menyerang dengan sumpit, masyarakat Dayak sukses membuat pasukan Belanda kocar-kacir.

Sumpit (sentawar90.blogspot.co.id) ©2017 Otonomi.co.id
Reporter : Rizki Astuti | Jum'at, 23 Desember 2016 06:01

Otonomi.co.id - Mandau merupakan senjata khas Dayak yang sudah terkenal. Pusaka turun temurun yang juga dianggap sebagai barang keramat ini erat sekali dengan masyarakat Dayak, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun saat-saat genting seperti peperangan.

Bicara soal peperangan, mandau bukan satu-satunya alat perang andalan masyarakat Dayak. Karena ada juga senjata tradisional terbuat dari bambu atau kayu dengan panjang satu hingga tiga meter yang menjadi andalan, bernama Sampit.

Kenapa andalan? Konon, zaman dulu ketika masa penjajahan pasukan tentara Belanda sempat kelimpungan menghadapi perlawanan Suku Dayak. Menyerang dengan sumpit, masyarakat Dayak sukses membuat pasukan Belanda kocar-kacir.

Sumpit
© 2016 otonomi.co.id/indonesia kaya/AhmadIbo

Dikutip dari Goodnewsfromindonesia/Thomas Benmetan saat itu banyak korban dari pasukan Belanda yang berjatuhan karena ternyata sumpit berisikan racun. Racun itu berasal dari getah pohon hingga bisa ular maupun kalajengking. Sehingga saat seseorang terkena sumpit akan tewas dalam kurun waktu lima menit.

Entah itu terkena bagian tubuh manapun, efek yang ditimbulkan oleh sumpit tetap sama. Itu kenapa senjata ini bisa dikatakan sebagai sesuatu yang cukup menakutkan.

 

(RA/RA)
NEXT: Tak Sembarang Orang Bisa Buat
  1. Kalimantan Selatan
  2. Kalimantan Timur
  3. Kalimantan Tengah
  4. Kalimantan Utara
  5. Kalimantan Barat
KOMENTAR ANDA
OTONOMI DAERAH
TERPOPULER
Nasional