1. OTONOMI
  2. RAGAM

Sirkuit Terbesar Kedua di Indonesia Ada di Kabupaten Tapin

Hingga kini beragam kejuaraan daerah hingga nasional pernah digelar di Sirkuit Balipat.

Sirkuit Balipat Binuang di Kabupaten Tapin (Wordpress.com/Balapkarung). ©2017 Otonomi.co.id Editor : Dwifantya Aquina | Rabu, 11 Januari 2017 16:32

Otonomi.co.id - Nama Kabupaten Tapin mungkin masih terdengar asing di telinga kita. Namun siapa sangka, kabupaten yang terletak di Provinsi Kalimantan Selatan ini memiliki sirkuit yang cukup megah.

Seperti dikutip dari balapmotor.net, Rabu 11 Januari 2016, sirkuit yang berlokasi di Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin ini merupakan sirkuit terbesar kedua yang dimiliki oleh Indonesia.

Dibangun pada 2006 silam oleh pengusaha batu bara daerah Binuang bernama Zaenal Mahdi, sirkuit ini awalnya dibangun dan didedikasikan untuk sang anak sebagai kado ulang tahun.

Hingga kini beragam kejuaraan daerah hingga nasional pernah digelar di Sirkuit Balipat. Sebagai contoh Indoprix atau balap motor paling bergengsi di Indonesia yang diibaratkan Moto-GP nya Indonesia.

Sirkuit ini memiliki panjang lintasan 1,85 kilometer dengan lebar lintasan 8 sampai 18 meter. Panjang lintasan lurus 300 meter dan dilengkapi 30 garasi pit. Didukung oleh dua tribun penonton yang bisa menampung penonton hingga 25.000 orang. Selain itu juga terdapat dua menara pengawas, Ruang VVIP, studio mini dan ruang hitung.

Namun, sejumlah perbaikan masih perlu dilakukan agar kelak sirkuit ini bisa menyelenggarakan event-event yang lebih besar.

Penambahan panjang lintasan dan jumlah tribun mungkin ke depannya bisa dilakukan agar kelak Indonesia bisa menggelar ajang Balap Motor dunia seperti Moto GP ataupun World Superbike. (Rikko Ramadhana/dwq)

PILIHAN EDITOR

(DA)
  1. Kalimantan Selatan
  2. Kabupaten Tapin
KOMENTAR ANDA