1. OTONOMI
  2. RAGAM

Selamatkan Perajin Kain Tenun Sumba, Ini yang Dilakukan Dian Sastro

Tak hanya membeli dan mengenakan kain tenun, Dian juga akan membangun sumur untuk...

Dian Sastro (Kapanlagi.com). ©2017 Otonomi.co.id Reporter : Rizki Astuti | Jum'at, 11 Agustus 2017 15:52

Otonomi.co.id - Kecintaan artis Dian Sastrowardoyo terhadap kain tenun khas Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur tak diragukan lagi. Banyak cara yang dilakukannya demi menyelamatkan kain tradisional itu dari kepunahan.

Pemain AADC ini juga memilih cara yang saling terikat satu sama lain. Seperti diketahui kondisi Sumba Timur sangat kekurangan air bersih. Dian juga mengatakan mereka kurang mendapatkan hidup yang layak.

Bersama dengan Waterhouse Project, Dian melakukan penggalangan dana untuk membangun sumur di Wairinding. Sumur itu juga untuk memberdayakan perajin kain tenun agar berjalan mulus.

"(Wairinding) itu salah satu landmark yang sangat indah di Sumba Timur tetapi justru air bersihnya sama sekali tidak ada. Kalaupun ada, jauh sekali, susah sekali," ujar Dian dikutip dari Kapanlagi.com, Jumat 11 Agustus 2017.

Dian Sastro
© 2017 otonomi.co.id/kapanlagi.com

Dian berharap dengan adanya pemberdayaan, banyak sektor utama ekonomi dan pariwisata bisa terangkat. Sebagai tahap awal, Dian melakukan strategi modern dengan membeli dan memakai kain tenun khas Sumba Timur sebagai padu padan fashion Outfit of The Day (OOTD) di berbagai platform media sosial.

"Saya jadiin sarung, kadang saya jadiin rok pendek, saya lipat. Saya juga mengajak teman-teman saya, Raisa, Andien, Adinia Wirasti untuk berpromosi," tutur ibu dua anak ini.

Bukan hanya kerajinannya, Sumba menurut Dian sangat indah meski secara infrastruktur belum seluruhnya terbangun. Karena itu, dia ingin membangkitkan perekonomian di Sumba Timur agar terus berjalan.

Dian Sastro
© 2017 otonomi.co.id/kapanlagi.com

"Lautnya bagus, kebudayaannya Indah, orangnya baik-baik dan pegunungannya juga indah. Kalau aku lihat potensinya dalam pariwisata tinggi sekali. Secara budaya juga ini bagus sekali," kata Dian.

Untuk melihat keindahan kain tenun Sumba Timur, Yayasan Dian Sastrowardoyo bekerja sama dengan Samsung Galaxy S8 dan S8+ menyelenggarakan pameran foto, video dan instalasi kain tenun tradisional dengan tajuk 'Lukamba Nduma Luri'. Acara tersebut berlangsung tanggal 6 Agustus sampai 31 Agustus 2017 di Plaza Indonesia. (poy)

PILIHAN EDITOR

(RA/RA)
  1. Nusa Tenggara Timur
  2. selebriti
  3. Kabupaten Sumba Timur
KOMENTAR ANDA