1. OTONOMI
  2. RAGAM

Ternyata Begini Sejarah Lahirnya Bahasa Indonesia

Awalnya bahasa Indonesia ditulis dengan tulisan...

Ilustrasi Pulau Indonesia (Otonomi.co.id) ©2017 Otonomi.co.id
Reporter : Stella Maris | Selasa, 14 Februari 2017 08:04

Otonomi.co.id - Awal penciptaan bahasa Indonesia sebagai jati diri bangsa, bermula dari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928. Paska kemerdekaan, bahasa Indonesia resmi menjadi bahasa nasional.

Namun tahukah Anda asal-muasal bahasa Indonesia? Bahasa Indonesia dikembangkan dari salah satu dialek bahasa Melayu. Sebuah bahasa Austronesia--Melayu-Polinesia-- yang digunakan sebagai lingua franca atau bahasa pergaulan, di kepulauan Indonesia selama berabad-abad, lalu distandarisasi.

Dalam buku berjudul A-Z Seputar Indonesia yang diterbitkan oleh Kawan Pustaka dijelaskan, proses standardisasi ini telah dilakukan sejak zaman penjajahan Jepang. Awalnya bahasa Indonesia ditulis dengan tulisan Latin-Romawi, mengikuti ejaan Belanda.

Lalu pada 1972, Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) dicanangkan. Bahasa Indonesia terus bergerak dan dinamis, serta menyerap kata-kata dari bahasa asing. Contohnya pura, kepala, mantra, cinta, kaca yang diambil dari bahsa Sanksekerta. Masjid, kalbu, kursi, doa, khusus, selamat yang diambil dari bahasa Arab, dan lain sebagainya.

Selanjutnya: Soekarno memilih bahasa Melayu

 

 

(SM/SM)
NEXT: Bahasa Melayu Riau
  1. Ragam
  2. Budaya Indonesia
  3. Presiden Soekarno
  4. Indonesia
KOMENTAR ANDA