1. OTONOMI
  2. RAGAM

20 Ribu Durian Semarakkan Festival Durian 2017 di Semarang

Festival ini juga mengenalkan empat varian durian lokal unggul lainnya.

Festival Durian 2017 di Semarang 9Beritajateng.net). ©2017 Otonomi.co.id Reporter : Rizki Astuti | Kamis, 16 Februari 2017 16:11

Otonomi.co.id - Dinas Pertanian Kota Semarang, Jawa Tengah telah menyiapkan 20 ribu buah durian utuk menyemarakkan Festival Durian 2017. Rencananya, event ini digelar di Lapangan Waduk Jatibarang, pada 24-26 Februari 2017 mendatang.

"Festival durian ini sudah yang kesekian kalinya digelar. Kami berharap acara tahun ini bisa lebih semarak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya," ujar Kepala Distan Kota Semarang, WP Rusdiana yang dikutip dari Beritajateng.net, Kamis 16 Desember 2017.

Menurut Rusdiana penyelenggaraan festival durian itu dimaksudkan mengangkat citra buah-buahan lokal khas Semarang. Salah satunya adalah durian yang selama ini menjadi komoditas unggulan.

Dalam festival itu, katanya, dikenalkan juga empat varian durian lokal unggulan dengan cita rasa khas yang tidak kalah dengan varietas durian unggul lainnya.

"Kami telah berkoordinasi dengan para petani durian yang ada di Semarang, di antaranya di wilayah Mijen dan Gunungpati untuk menyediakan setidaknya 20 ribu durian untuk dihadirkan pada festival durian nantinya," katanya.

Rusdiana mengatakan setiap tahunnya, event festival durian selalu dipadati maysarakat pecinta buah dengan bau khas tersebut, termasuk untuk mereka yang mengikuti berbagai perlombaan dalam kesempatan itu.

Nantinya, Festival Durian 2017 akan menyajikan berbagai kegiatan seperti lomba durian lokal unggul, lomba makan durian, dan bursa durian.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, pemenang lomba durian lokal unggul di festival ini akan diajukan ke tingkat provinsi yang digelar pada Maret mendatang," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah Kota Semarang, Achyani menambahkan, festival durian merupakan salah satu event unggulan Kota Atlas yang diharapkan dapat mendongkrak sektor pariwisata.

"Ya, selain untuk mengangkat potensi unggulan hasil pertanian, festival durian ini juga diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kota Semarang," katanya. (dwq)

PILIHAN EDITOR

(RA/RA)
  1. Jawa Tengah
  2. Semarang
KOMENTAR ANDA
OTONOMI DAERAH
TERPOPULER
Nasional