1. OTONOMI
  2. RAGAM

Serunya Rangkaian Kegiatan Peringatan HUT RI ke-72 di Bandung

Dalam kegiatan itu, akan ada teatrikal dari legiun veteran RI.

Gedung Sate (hotel-di). ©2017 Otonomi.co.id Reporter : Randi | Jum'at, 11 Agustus 2017 16:50

Otonomi.co.id - Pemerintah Kota Bandung akan menggelar rangkaian kegiatan sebagai peringatan kemerdekaan Indonesia yang ke-72. Kegiatan berantai itu akan berlangsung sepanjang Agustus hingga November 2017.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, Dewi Kiniasari mengatakan, kegiatan itu bukan hanya untuk memperingati hari kemerdekaan saja, tetapi juga untuk memeriahkan Hari Jadi Kota Bandung ke-207, yang diperingati pada 25 Septermber 2017.

"Dimulai dari 20 Agustus ini, akan ada Event Sport Tourism Five-K run mengelilingi beberapa titik pusat kota yang menjadi landmark Bandung. Seperti start dari GedungĀ  Merdeka, melalui Gedung Indonesia Menggugat, Jalan Riau Bandung Indah Plaza, Cathedral, dan balik ke Gedung Merdeka, " ujarnya dikutip dari bandung.go.id, Jumat, 11 Agustus 2017.

Pada tanggal itu juga, lanjut dia, pemkot akan menggelar teatrikal dari legiun veteran di Plaza Balai Kota. Teatrikal yang dibawakan lebih memfokuskan pada reka ulang atau Reenactment kejadian pertempuran para pejuang ketika melawan penjajah Belanda.

"Malam harinya, ada culinary night di sepanjang Braga, sekaligus inisialisasi lagi agar jadi tradisi nantinya," jelas wanita yang akrab disapa Kenny itu.

Pada 26 Agustus, Kenny melanjutkan, pemkot juga berencana mengadakan Karnaval Kemerdekaan. Kegiatan itu akan berkolaborasi dengan Kementrian Pariwisata (Kemenpar) dan Badan Ekonomi Kreatif (Berkraf).

"Pada karnaval ini akan ada helaran teatrikal juga. Namun hingga saat ini, kegiatan masih dalam pembahasan bersama Kemenpar dan Berkraf," paparnya.

Kemudian, jelas Kenny, pada 29 Agustus akan ada helaran akbar Seni Budaya. Helaran itu diadakan dalam Tahun Baru Sunda atau Tabaru Sunda yang berlokasi di sekitar Jalan Asia Afrika. Kegiatan itu akan diisi ritual dan kesenian buhun Sunda serta lomba film dokumenter.

"Kita kenalkan lagi leluhur kita kepada warga. Pemutaran film dokumenter ini umum, siapa saja boleh mengirimkan. Kami akan memberi penghargaan kepada pembuat film dokumenter terbaik nantinya," terang Kenny.

Rangkaian tersebut, ujar wanita berambut pendek itu, akan disambung Bandung #1 (Bandung nomor 1) pada 25 Septermber hingga 25 Oktober 2017. Acara itu akan dimeriahkan 181 seniman di seluruh Kota Bandung. Kemudian disambung Bandung Light Festival pada 29 Oktober.

"Kami akan menggelar pertunjukkan seni rupa, musik, tari, dan sastra. Harapannya, dengan berbagai kegiatan itu wisatawan nusantara dan mancanegara dapat menyaksikan sekaligus menutup HUT Kota Bandung," ujarnya. (dwq)

PILIHAN EDITOR

(R/R)
  1. Jawa Barat
  2. Kota Bandung
  3. Hari Kemerdekaan RI
KOMENTAR ANDA