1. OTONOMI
  2. RAGAM

Musik Etnik Pertama di Indonesia, V1MAST Tak Takut Ditiru

"Mau banyak band yang buat kayak V1MAST, pasti kami yang pertama."

V1MAST BAND (Otonomi.co.id/Rizki astuti). ©2017 Otonomi.co.id Reporter : Rizki Astuti | Rabu, 11 Januari 2017 18:40

Otonomi.co.id - Sejak hadirnya V1MAST, Indonesia kini sudah memiliki world music sendiri. Ya, band asal Jawa Tengah ini berhasil mengusung musik perpaduan unsur etnik dan modern. Lewat keunikan itulah, band ini berhasil membawa nama Indonesia ke kancah internasional.

V1MAST merupakan band world music pertama di Indonesia. Band yang digagas oleh Viza K Mahasa dan Vanis Randi juga sudah memboyong banyak penghargaan lokal maupun internasional.

Tak ayal, V1MAST telah menginspirasi kaum muda dalam hal bermusik. Meski tak sedikit orang yang meniru keunikan karyanya, namun Viza mengaku tidak khawatir.

Viza K Mahasa
© 2017 otonomi.co.id/Rizki Astuti

"Ya bagus seneng malah. Semakin ramai buat gitu (musik etnik). Gini, data digital enggak bisa bohong. Mau banyak band yang buat kayak V1MAST, pasti kami yang pertama," ujar Viza saat berbincang dengan Otonomi.co.id, beberapa waktu lalu.

Viza menceritakan pengalaman unik saat V1MAST tampil di Solo, Jawa Tengah. Banyak seniman yang menyaksikan penampilan mereka dengan wajah kagum. Lucunya, saat mereka pulang dari Solo, beberapa bulan kemudian ada band punk yang mencampurkan etnik di dalamnya.

 

Vais Randi
© 2017 otonomi.co.id/Rizki Astuti

"Jadi pas kami balik dari Solo, ada teman saya yang punya teman. Dia punya band punk yang nyelipin etnik. Nah, jawabannya dari siapa mereka tahu. Ada juga yang buat band metal etnik," cerita pria kelahiran Yogyakarta ini.

Terkait karyanya yang mulai ditiru orang, V1MAST malah mengucap syukur. Itu berarti, kata Viza, tahap mempengaruhi masyarakat Indonesia dengan world music mulai diterima. Bahkan mereka senang jika band di Indonesia mulai membangkitkan kebudayaan lewat musik.

"Memang niat kami mau ngeramaikan industri musik. Jadi ayo bikin world music. Kan bagus kalau semua orang bangga dengan budayanya sendiri. Jadi keren Indonesia," tuturnya.

PILIHAN EDITOR

(RA/RA)
  1. Jawa Tengah
  2. Yogyakarta
  3. Solo
KOMENTAR ANDA
OTONOMI DAERAH
TERPOPULER
Nasional