1. OTONOMI
  2. RAGAM

Kisah Remaja Asal Suku Rimba yang Lulus Jadi Anggota Polri

Meski berasal dari suku terasing, remaja dengan tinggi badan 165 cm ini berhasil lolos untuk mengikuti pendidikan.

Fikri, remaja asal Suku Anak Dalam (kenali.co). ©2017 Otonomi.co.id Reporter : Rikko Ramadhana | Jum'at, 11 Agustus 2017 10:31

Otonomi.co.id - Impian menjadi seorang polisi memang menjadi keinginan hampir setiap anak. Hal itu pula yang terjadi pada Fikri Rio Yohanda, remaja 19 tahun asal Suku Rimba atau Suku Anak Dalam (SAD) yang ada di Provinsi Jambi ini. Suku Anak Dalam merupakan salah satu suku bangsa minoritas yang hidup di Pulau Sumatera, tepatnya di Provinsi Jambi dan Sumatera Selatan.

Meski berasal dari suku terasing, remaja dengan tinggi badan 165 cm ini berhasil lolos untuk mengikuti pendidikan Bintara Polri di Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Jambi.

Saat ini, putra dari pasangan Sukri (45) dan Erawati (39) ini tinggal di wilayah Desa Tanjung Lebar, Kecamatan Bahar Selatan, Kabupaten Muarojambi, Jambi.

Fikri mengakui perjuangannya untuk menjadi anggota polisi bukanlah hal yang mudah. Ia juga sempat mendaftar di tahun 2016 lalu namun sayang saat itu gagal. Akhirnya, dengan usaha yang gigih ia berhasil lulus di tahun 2017 ini dan mengukir sejarah baru.

Ya, Fikri berhasil mencetak sejarah karena berhasil menjadi warga Suku Rimba yang menjadi polisi.

"Kata orang masuk polisi bayar, tetapi saya tidak percaya, makanya saya coba daftar. Selama tes, saya tdak dipungut uang. Jadi warga Suku Anak Dalam juga bisa bersaing dengan warga lain," ujar Fikri dalam bahasa Jambi dikutip dari laman polresbungo, Jumat 11 Agustus 2017.

Sejak kecil Fikri tidak tinggal dengan orang tuanya, melainkan tinggal dengan neneknya. Fikri baru tinggal bersama dengan orangtuanya di wilayah Sungai Bahar setelah duduk di bangku SMA

Keterbatasan ekonomi tidak menghalanginya berprestasi, terlebih berasal dari Suku Anak Dalam yang dikenal masih nomaden atau berpindah-pindah. (poy)

PILIHAN EDITOR

(RR/RR)
  1. Kisah Inspiratif
  2. Ragam
  3. Sosok Inspiratif
  4. Orbit
KOMENTAR ANDA