1. OTONOMI
  2. RAGAM

Mengapa Bendera Indonesia Berwarna Merah Putih?

Dalam kitab Negara Kertagama karya Empu Prapanca dijelaskan, warna merah putih...

Ilustrasi Bendera Merah Putih (Instagram @anggiekayla via cerita_alamindonesia). ©2017 Otonomi.co.id Reporter : Stella Maris | Kamis, 18 Mei 2017 07:01

Otonomi.co.id - Bendera merah putih merupakan lambang negara Indonesia yang patut dijaga kehormatannya. Mungkin sebagian orang bertanya, mengapa harus warna merah putih yang dipilih, bukan biru, kuning, atau hijau?

Dalam buku The Uncensored of Bung Karno di halaman 44 diungkapkan, ternyata warna bendera Indonesia sudah banyak digunakan sebelum masa kemerdekaan atau saat zaman raja-raja.

Menurut catatan sejarah Jawa Kuno, bendera merah putih pernah dikibarkan pada 1292 oleh tentara Jayakatwang, dalam perang melawan kekuasaan Kertanegara dari Singosari (1222-1292 M).

Lalu dalam kitab Negara Kertagama karya Empu Prapanca dijelaskan, warna merah putih sering digunakan untuk merayakan beberapa upacara hari kebesaran raja, pada masa pemerintahan Hayam Wuruk (1350-1389 M).

Dalam perayaan itu, beragam gambar menghiasi kereta raja. Salah satunya kereta raja putri Lasem yang dihiasi gambar buah meja warna merah. Selain di Kerajaan Majapahit warna merah putih juga pernah dipakai sebagai bendera di masa Kerajaan Minangkabau.

Fakta tersebut terdapat dalam kitab Tembo Alam Minangkabau yang disalin pada 1840. Dalam kitab tersebut dijelaskan, kerajaan Minangkabau dulu menggunakan warna merah, putih, dan hitam sebagai bendera kebangsaan.

Warna merah kala itu berarti warna hulubalang (pemimpin pasukan), putih artinya warna agama (ulama), dan hitam berarti warna adat Minangkabau (penghulu adat). Selanjutnya dalam Kitab Babat Tanah Jawa dituliskan, saat berperang di negeri Pati, Sultan Agung dan tentaranya berlindung di bawah bendera warna merah.

Kemudian pada 1927, terbentuklah Partai Nasional Indonesia dari Bandung yang menggunakan bendera merah putih sebagai hiasan kepala. Pada hiasa itu terdapat ornamen kepala benteng d itengah.

Selanjutnya pada 28 Oktober 1928, bendera merah putih sebagai bendera kebangsaan ditetapkan sebagai bendera kebangsaan ditetapkan pada Kongres Indonesia Muda di Jakarta. Sejak saat itulah, bendera merah putih resmi berkibar di penjuru Indonesia. (ita)

PILIHAN EDITOR

(SM/SM)
  1. Ragam
KOMENTAR ANDA