1. OTONOMI
  2. RAGAM

Mal Besar di Jakarta Selatan Siap Disulap Jadi Pasar Nusantara

Masyarakat diajak menikmati Indonesia dengan berbagai sajian kuliner, pertunjukkan budaya, serta...

Pihak PIM memberikan potongan tumpeng pada Desainer Musa Widyatmodjo sebagai tanda pembukaan rangkaian acara Pasar Nusantara (Dian Rosalina). ©2017 Otonomi.co.id Reporter : Dian Rosalina | Kamis, 10 Agustus 2017 20:13

Otonomi.co.id - Banyak acara menarik yang bisa Anda nikmati dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia ke-72. Salah satunya mengunjungi Pasar Nusantara yang digelar di Pondok Indah Mall (PIM). Berbagai acara menarik siap disajikan untuk para pengunjung. 

General Manager PIM Eka Dewanto mengatakan, Pasar Nusantara merupakan terobosan terbaru dari PIM untuk menyambut kemerdekaan. Masyarakat diajak untuk menikmati Indonesia dengan berbagai sajian kuliner, pertunjukkan budaya, serta fashion dari desainer-desainer ternama Indonesia. 

Sebelumnya, PIM pernah mengadakan acara serupa bertema tradisional seperti pada 1996 dengan event Yogyakarta. Kemudian pada 1997 mengangkat tema Cirebonan, sampai tahun 2000 mengangkat tema tentang Indonesia. 

"Untuk kali ini, kami mengetengahkan seluruh budaya Indonesia. Pasar Nusantara mengadopsi dari fashion lokal, jajanan tradisional, dan kerajinan tangan," ujar Eka saat konferensi pers Pasar Nusantara, di Pondok Indah Mall II, Kamis 10 Agustus 2017.

Eka menjelaskan, dalam acara tersebut PIM Group menghadirkan sesuatu yang berbeda dari festival biasanya. Misalnya akan menghadirkan sesuatu yang unik, seperti adanya gerobak ketoprak dan sate padang di dalam mal. 

Nantinya Pasar Nusantara menyajikan lebih dari 25 macam kuliner Nusantara seperti Umah Pete, Empal Gentong, Ketoprak, Pecel Pincuk, Tempe Mendoan, Gudeg, Pempek, Rujak Buah Cingur, Soto Mie, Soto Betawi, Kerak Telor dan masih banyak lagi. 

Pasar Nusantara
© 2017 otonomi.co.id/istimewa

 

Karya Anak Bangsa
Bukan hanya itu saja, juga ada berbagai macam hasil kreasi anak Indonesia, diantaranya batik, wayang, keris, kain dan kerajinan Nusantara. Eka mengatakan untuk menghadirkan seluruh tenan tersebut, mereka bekerja sama dengan UKM daerah maupun pedagang-pedagang lokal yang ada di jalan-jalan Jakarta.

"Walau belum bekerja sama dengan pemerintah, namun kami sudah mencoba berhubungan dengan para UKM dari daerah. Mungkin tahun ini belum bisa bekerja sama bersama pemerintah, tapi untuk tahun depan mungkin bisa," jelas Eka.  

Untuk memeriahkan suasana Pasar Nusantara, akan ada pergelaran Fashiontastic 2017 bertemakan Ragam Karya Indonesia. Tahun ini pengunjung bisa melihat karya fashion ternama tanah air secara langsung di panggung terbuka. 

Mereka diantaranya Ivan Gunawan, Barli Asmara, Mahadevi, Danjyo Hiyoji, Hengki Kawilarang, Musa Widyatmodjo, Zainar Songket, Handy Hartono, Defrico Audy, Rasyid Salim, Pricilia Saputro, Sikie Poernomo, Hijup, Tiffani Kenanga, Dana Duryatna, dan masih banyak lagi. 

Tak hanya menampilkan sajian fashion dan kuliner nusantara, pada perayaan HUT Kemerdekaan Indonesia, PIM akan dimeriahkan oleh pertunjukan spesial tarian Sendratari Ramayana, Kecak, dan Gamelan pada 17 Agustus 2017, pukul 19.00 WIB. 

"Kami berharap Pasar Nusantara ini bisa menambah rasa bangga dan menghibur masyarakat. Selain itu, menunjukkan bahwa budaya Indonesia juga bisa bersaing dengan brand-brand ternama di dunia," harap Eka. (els)

PILIHAN EDITOR

(SM/DR)
  1. Ragam
KOMENTAR ANDA