1. OTONOMI
  2. RAGAM

Ketika Istri Soekarno Bicara Soal Seni Telanjang

Dia tampil dalam sebuah buku foto berjudul 'Madame De Syuga'.

Ratnasari Dewi (Brilo.net). ©2017 Otonomi.co.id Reporter : Stella Maris | Rabu, 17 Mei 2017 10:32

Otonomi.co.id - Ratnasari Dewi adalah wanita keenam yang dinikahi Soekarno. Sejak awal, kedekatan wanita bernama lahir Naoko Nemoto itu dengan Soekarno memang memunculkan kontroversi.

Sebelum menikah dengan Soekarno, wanita yang kini akrab disapa Dewi Sukarno itu adalah seorang geisha atau wanita penghibur di sebuah kelab malam di Tokyo, Jepang. Namun ketika berusia 53 tahun, Dewi membuat geger publik Indonesia.

Ratnasari Dewi dan Soekarno/brilio.net/istimewa

Dia tampil dalam sebuah buku foto berjudul Madame De Syuga. Buku itu berisi paduan karya seni, body painting, dan keindahan lekuk tubuhnya dalam kondisi setengah bugil alias topless.

Laman Merdeka menjelaskan, dalam buku yang diterbitkan di Jepang pada 1998 itu, Dewi tampil dengan dada tanpa busana yang dipenuhi tato. Buku itu dilarang beredar di Indonesia karena pose Dewi yang dinilai seronok.

Meski sempat dinilai telah mencemarkan nama baik Sang Proklamator dengan pose tersebut, namun Dewi melihat 'keberaniannya' itu dari kacamata berbeda.

"Saya percaya orang-orang yang mencintai dan menghargai karya seni, tidak akan menyalahkan saya karena pose tersebut," kata Dewi singkat.

Kini buku setebal 140 halaman itu menjadi salah satu buku langka dan paling banyak dicari oleh para pecinta seni. (ita)

PILIHAN EDITOR

(SM/SM)
  1. Ragam
  2. Presiden Soekarno
  3. Soekarno
  4. Presiden Indonesia
  5. Istri Soekarno
KOMENTAR ANDA