1. OTONOMI
  2. RAGAM

Ini Rahasia Rendang Tetap Tahan Lama dan Tidak Cepat Basi

Kelebihan lain, rempah juga bisa dijadikan antioksidan yang didapat dari bawang putih, jahe, cabai, daun serai, jinten hitam, dan lain-lain.

Rendang (exiteindonesia.com). ©2017 Otonomi.co.id Reporter : Dian Rosalina | Minggu, 06 Agustus 2017 09:04

Otonomi.co.id - Dua tahun berturut-turut rendang menjadi masakan terlezat di dunia. Hal itu dibuktikan lewat survei CNN Travel tentang beragam makanan enak di dunia dan terpilihnya masakan Padang tersebut jadi yang terbaik.

Dari artikel-artikel sebelumnya, telah dijelaskan rahasia-rahasia kenikmatan rendang yang dimiliki oleh masyarakat Sumatera Barat ini. Namun ada satu keunggulan lagi yang dimiliki oleh rendang selain tentang kelezatannya, yakni ketahanannya.

Dahulu kala, ketika orang Indonesia pergi haji menggunakan kapal laut dan harus ditempuh selama satu bulan, rata-rata mereka membekali diri dengan membawa rendang sebagai lauk makanan. Lalu apa rahasia rendang hingga tahan lama tanpa dipanaskan?

Rendang sendiri dibuat dengan menggunakan banyak santan dan kurang lebih 16 jenis rempah-rempah. Ternyata selain sebagai pembuat cita rasa, bumbu rempah juga berfungsi sebagai bahan pengawet alami. Kelebihan lain, rempah juga bisa dijadikan antioksidan yang didapat dari bawang putih, jahe, cabai, daun serai, jinten hitam, dan lain-lain.

Selain itu, proses memasak rempah tersebut dalam waktu yang cukup lama juga menjadikannya sebagai pengawet alami. Memasak rendang saja dalam waktu normal bisa memakan waktu hingga 2 sampai 3 jam mengaduk campuran santan dan bumbu hingga mengering.

Rata-rata rempah yang digunakan dalam memasak masakan padang memiliki kemampuan menghambat bakteri atau anti-mikroba dalam mengurai makanan sehingga masakan jauh lebih awet dibanding dengan yang menggunakan rempah sedikit.

Bawang putih, mustard, cengkeh, dan jahe, sudah terbukti dapat menghambat bakteri di dalam sistem makanan. Rempah lain yang umum digunakan untuk pengawetan makanan antara lain jinten, kayu manis, ketumbar, kunir, mint, bawang, oregano, lada, rosemary, sage, dan daun timi. (dwq)

(sumber: Saribundo.biz)

PILIHAN EDITOR

(DR/DR)
  1. Sumatera Barat
  2. Kuliner
  3. Wisata Kuliner
  4. Ragam Kuliner Nusantara
  5. Rendang
  6. Masakan Indonesia
  7. Makanan Padang
KOMENTAR ANDA