1. OTONOMI
  2. RAGAM

Ini Cara Bedakan Rumah Makan Padang Asli Ranah Minang

"Ya tidak dipungkiri saat ini banyak rumah makan Padang yang tidak dikelola oleh orang Padang," cerita Koto, pemilik rumah makan Padang.

Ilustrasi Masakan Padang (Dwi Narwoko/Otonomi.co.id). ©2017 Otonomi.co.id Reporter : Dian Rosalina | Rabu, 17 Mei 2017 12:31

Otonomi.co.id - Hampir semua daerah di Indonesia terdapat rumah makan padang. Namun pernahkah Anda rasa masakannya yang tidak seperti masakan padang pada umumnya atau berbeda satu dengan lainnya? Mungkin itu karena orang yang membuatnya bukanlah berasal dari Sumatera Barat.

"Kalau di Padang sendiri sebenarnya rumah makan Padang ya sejenis warteg, ciri khas makanan daerah kami memang terkenal dengan kuah santan yang cukup kental. Ya tidak dipungkiri saat ini banyak rumah makan Padang yang tidak dikelola oleh orang Padang," cerita Koto, pemilik rumah makan Padang di Yogyakarta yang dikutip dari Brilio.net, Rabu 17 Mei 2017.

Nah agar Anda bisa membedakan masakan Padang mana yang asli atau bukan, berikut ini cara sederhana membedakannya.

Pertama, rumah masakan Padang asli selalu menyediakan dua sambal. Cara utama untuk membedakan masakan Padang itu asli adalah sambal hijau ulek yang dicampur dengan bawang merah dan rasanya pun pedas.

Selanjutnya adalah Anda bisa memeriksa apakah kuah gulai yang disajikan kental atau tidak. Kalau tidak, berarti rumah makan Padang itu bukan milik orang Minang. Karena gulai berkuah kental adalah ciri utama untuk masakan Padang. Rumah makan yang masih menyuguhkan santan dan bumbu lebih kuat.

Ketiga yakni penyajian rendang yang berwarna coklat, pedas, dan kering. Karena di beberapa rumah makan Padang yang asli, rendangnya berwarna coklat, bercita rasa pedas, dan tentunya tidak berkuah.

Lalu masyarakat Minang, khususnya Padang, tidak begitu akrab dengan olahan lele. Sehingga jika ada rumah makan Padang yang menyajikan lele, berarti rumah makan itu sudah mengalami akulturasi. Biasanya orang Padang cenderung mengolah ikan patin, kakap, atau gurame.

Kelima, Anda bisa membedakannya lewat minuman yang disajikan. Jika ingin mengetahui keaslian rumah makan Padang bisa dirasakan dari tehnya. Teh asli Padang akan terlihat lebih pekat dan rasanya tidak seperti teh celup kebanyakan. Teh asli Padang akan sedikit pahit meski telah diberi gula.

Hal lainnya yang dapat digunakan untuk mengetahui asli tidaknya sebuah rumah makan Padang dapat dilihat dari rasa jeroan yang dijualnya. Biasanya masakan Padang yang asli akan menyajikan masakan jeroan berkuah kental dengan rasa gurih dan empuk.

Lalu yang terakhir tentunya orang yang menjualnya menggunakan bahasa Minangkabau. Biasanya warung Padang akan memprioritaskan untuk mempekerjakan sanak saudaranya terlebih dahulu, sehingga mereka biasanya berkomunikasi dengan bahasa Padang. (ita)

PILIHAN EDITOR

(DR/DR)
  1. Sumatera Barat
  2. Kuliner
  3. Padang
  4. Kuliner Daerah
  5. Kuliner Indonesia
KOMENTAR ANDA