1. OTONOMI
  2. RAGAM

Gua Hawang, Pesona Tersembunyi di Kepulauan Kei Maluku

Di Gua Hawang juga terdapat batu dengan mitos yang hingga kini dipercaya masyarakat sekitar.

Gua Hawang Kepulauan Kei Maluku (Instagram/ilhamarch). ©2017 Otonomi.co.id Reporter : Randi | Sabtu, 01 Juli 2017 19:31

Otonomi.co.id - Berbicara keindahan Indonesia belahan timur seakan tidak habisnya. Pesona alam dan pantainya kian diminati para wisatawan untuk dijelajah. Pulau Kei di Maluku menjadi salah satu yang kini jadi favorit.

Ternyata, Pulau Kei tidak hanya menyuguhkan keindahan pantainya saja, tetapi juga menyimpan keindahan dalam gua yang terletak di Desa Letyuan, Kabupaten Maluku Tenggara. Lokasinya hanya berjarak 15 km dari Kota Tual. Masyarakat menyebut tempat itu adalah Gua Hawang.

Gua Hawang dikelilingi hutan cukup lebat dan memiliki kolam air yang sangat jernih, bahkan dasarnya bisa terlihat dengan mata telanjang. Apalagi, air di sana menjadi begitu memsona tetika terkena pantulan cahaya matahari.

Dilansir dari lihat.co.id, kolam air di sana memiliki dua lubang yang terhubung dengan mata air Evu dari sungai bawah tanah. Sehingga wisatawan bisa menyelam dan masuk ke dalam lubang-lubang yang tembus satu sama lain. Keindahan di dalam Gua Hawang bagaikan surga yang tersembunyi, ditambah dengan stalaktit yang begitu khas.

Selain itu, di Gua Hawang juga terdapat batu dengan mitos yang hingga kini dipercaya masyarakat sekitar. Konon, dulu ada seorang pria dan anjingnya minum ari di gua tersebut. Setelah itu, mereka menjadi batu akibat kutukan meminum air itu. Batu tersebut bisa wisatawan lihat saat memasuki Gua Hawang.

Akses untuk menuju Gua Hawang sangatlah mudah. Wisatawan bisa menggunakan jalur udara untuk menghemat waktu dan jarak tempuh. Jika perjalanan dimulai dari Jakarta, bisa dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Bandara Dumatubun di Kota Tual. Tarif pergi dengan kedua maskapai tersebut hanyalah sekitar Rp2 jutaan.

Setelah mendarat di Bandara Dumatubun, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan angkutan umum atau kendaraan sewaan. Jarak dari bandara ke Gua Hawang sekitar 15 km atau 30 menit.

Dilansir dari merdeka.com, wisatawan bisa menginap di sebuah cottage dekat dengan Pantai Pasir Panjang, Tual, Pulau Kei. Namanya Coaster Cottage, merupakan guest house dengan bangunan tradisional yang menghadap ke pantai. Penginapan itu juga menyediakan fasilitas yang cukup lengkap dan kebersihan yang dirawat selalu.

Wisatawan bisa melakukan reservasi melalui travel agent terpercaya atau melakukan kontak terlebih dahulu melalui situs resminya. Cottage ini juga menyediakan layanan antar jemput menuju bandara, sehingga mempermudah para wisatawan. (dwq)

PILIHAN EDITOR

(R/R)
  1. Maluku
  2. Ragam
  3. Wisata
KOMENTAR ANDA