1. OTONOMI
  2. RAGAM

Desainer Kenamaan Indonesia Kenalkan Kebaya Kutubaru ke PBB

Ia mengatakan kebaya yang akan dibawa untuk diperkenalkan adalah kebaya klasik khas Indonesia, yakni kebaya kutubaru dan cating.

Musa Widyatmodjo (Musatlier.com). ©2017 Otonomi.co.id Reporter : Dian Rosalina | Jum'at, 11 Agustus 2017 14:08

Otonomi.co.id - Desainer kenamaan Musa Widyatmodjo siap mengenalkan dan mempresentasikan kebaya di depan seluruh duta besar di Markas Besar Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) New York, Amerika Serikat. Hal itu disampaikan oleh Musa usai konferensi pers Pasar Nusatara di Pondok Indah Mall II, Kamis 10 Agustus 2017.

"Sebenarnya saya diminta oleh Komunitas Wanita Berkebaya untuk mempresentasikan kebaya di PBB. Tadinya mau bulan ini, karena bertepatan dalam rangka kemerdekaan Indonesia. Cuma kalau dipaksa, para duta besar dari seluruh dunia sedang libur, jadi kami sedang tunggu waktu yang pas," ujarnya.

Pria kelahiran 13 November 1965 itu mengatakan kebaya yang akan dibawa untuk diperkenalkan adalah kebaya klasik khas Indonesia, yakni kebaya kutubaru dan cating. Nantinya Musa akan menampilkan kebaya secara apa adanya khas Indonesia yakni dilengkapi dengan kain wiron, selop, stagen, sanggul, dan selendang.

Ia mengaku hal itu bukan tanpa alasan. Selama ini, dunia belum terlalu mengenal busana nasional Indonesia. Oleh sebab itu, desainer asal Jakarta ini ingin menampilkan kebaya dengan satu set dan menjelaskan tiap-tiap bagian dari busana tersebut agar para duta besar mengetahui makna dan fungsi dari tiap bagian.

"Kami ingin mengenalkan satu set busana kebaya Indonesia dengan nama Indonesia. Tidak ada kan bahasa Inggrisnya kain wiron atau kain sari? Itulah tujuan saya, bahwa kebaya memang asli Indonesia bahkan dari penamaannya," kata Musa.

Ketika bertandang ke New York pada September atau Oktober mendatang, Musa tidak sendiri melainkan bersama dengan tokoh kecantikan Indonesia, Martha Tilaar. Ia akan mempresentasikan konsep fashion beauty ala Indonesia, serta beberapa pihak yang ikut serta dengan topik berbeda.

"Jadi ini bukan fashion show, tapi seorang desainer mencoba mempromosikan kebaya Indonesia di mata dunia dengan segala macam pakemnya. Saya akan menjelaskan kebaya Indonesia berevolusi sesuai dengan pengetahuan yang saya ketahui," ujarnya.

Selain peragaan busana kebaya dari Musa, nantinya presentasi tersebut juga akan diisi dengan berbagai kegiatan seperti diskusi. Topiknya pun tidak jauh dari kebudayaan Indonesia. (dwq)

PILIHAN EDITOR

(DR/DR)
  1. Budaya Indonesia
KOMENTAR ANDA