1. OTONOMI
  2. RAGAM

Cicipi Manisnya Gudeg Koyor, Gudeg Urat Sapi Khas Salatiga

Daging koyor ini dimasak menggunakan kuah santan kelapa yang kental dan pedas.

Gudeg Koyor (amuktiapalapa.blogspot.co.id). ©2017 Otonomi.co.id Reporter : Rizki Astuti | Jum'at, 17 Februari 2017 13:51

Otonomi.co.id - Gudeg merupakan makanan khas Yogyakarta. Namun bukan berarti gudeg tidak boleh dimasak dan dimodifikasi menjadi kuliner khas daerah lain.

Seperti gudeg koyor khas Salatiga, Jawa Tengah ini. Meski namanya sama, gudeg ini memiliki ciri khas yang berbeda.

Dikutip dalam laman Ensiklopediaindonesia, Jumat 17 Februari 2017, gudeg sendiri merupakan makanan berbahan dasar nangka muda yang dimasak berjam-jam dengan bumbu diatas kuali. Sehingga menimbulkan rasa manis. Gudeg juga ada dua macam yakni basah dan kering.

Nah, bedanya dengan gudeg Yogya, Gudeg di Salatiga ini rasanya tidak terlalu manis sehingga pas untuk orang di luar kota dan tidak tahan manis.

Gudeg Koyor
© 2017 otonomi.co.id/ensiklopediaindonesia.com

Ditambah lagi dengan koyor. Buat yang belum tahu, koyor itu adalah otot atau urat sapi yang berada di sekitar tulang punggung. Urat sapi yang awalnya alot diolah sedemikian rupa hingga menjadi lembut saat dimakan.

Daging koyor ini dimasak menggunakan kuah santan kelapa yang kental dan pedas. Sebagai pendampingnya, ditambahkan nangka muda yang dimasak berjam-jam tadi.

Bisa dibayangkan bagaimana perpaduan manis gudeg, gurihnya kuah aren, pedasnya sambal krecek, dan koyor sapi yang semakin menambah cita rasa gudeg koyor khas Salatiga ini. (dwq)

PILIHAN EDITOR

(RA/RA)
  1. Kuliner Daerah
  2. Salatiga
  3. Kuliner
  4. Jawa Tengah
KOMENTAR ANDA