1. OTONOMI
  2. RAGAM

Bisa Dipakai Keliling Kota, Bendi Hidup Lagi di Gorontalo

Bendi dapat diandalkan sebagai transportasi wisata dan juga mengembalikan memori kejayaan transportasi ini di zaman dahulu.

bendi jadi transportasi wisata/kemendagri.go.id. ©2017 Otonomi.co.id Editor : Desy Afrianti | Selasa, 10 Januari 2017 15:31

Otonomi.co.id - Jika kita mengulang memori beberapa dekade silam, bendi merupakan alat transportasi yang diandalkan masyarakat. Bendi merupakan alat transportasi yang digerakkan oleh seekor kuda.

Untuk mengulang memori masa itu, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo akan mengaktifkan kembali bendi. Namun Pemkot Gorontalo hanya memanfaatkan bendi sebagai transportasi wisata. Hal itu disampaikan Wali Kota Gorontalo Marten Taha. Kata dia, rute perjalanan bendi terbatas hanya sekitar Lapangan Taruna Remaja.

"Hanya untuk kebutuhan orang-orang yang ingin jalan-jalan mengelilingi kota dengan naik kuda bendi, bukan sebagai alat transportasi umum," ujarnya seperti dikutip kemendagri.go.id Selasa 10 Januari 2017.

Menurut dia, bendi dapat diandalkan sebagai transportasi wisata dan juga mengembalikan memori kejayaan transportasi ini di zaman dahulu.

Mengenai kotoran yang nantinya ditimbulkan, dia mengaku akan mencari solusi terbaik agar wilayahnya tetap bersih. "Agar tidak mengotori tempat-tempat parkir atau jalan raya saat mereka menunggu penumpang," ujarnya.

Di tahun 1970-1980an, bendi merupakan alat transportasi yang diandalkan. Marten menambahkan bahwa bendi merupakan salah satu warisan budaya yang harus dilestarikan. "Semoga ada dukungan dari masyarakat Kota Gorontalo agar program itu bisa berjalan dengan baik," tuturnya. (Rikko Ramadhana/Poy)

(DA)
  1. Gorontalo
KOMENTAR ANDA
OTONOMI DAERAH
TERPOPULER
Nasional