1. OTONOMI
  2. RAGAM

Berlibur ke Yogyakarta dengan Dana Terbatas? Ini Siasat Jitunya

Tak perlu dana hingga membuat kantong bolong.

Malioboro (anekatempatwisata.com) ©2017 Otonomi.co.id
Reporter : Dian Rosalina | Minggu, 14 Mei 2017 10:35

Otonomi.co.id - Liburan selalu menjadi saat-saat yang menyenangkan untuk dijalani. Namun, karena terkendala waktu dan uang, terkadang banyak orang yang malas untuk berpergian jauh. Jadi beberapa di antaranya memilih untuk bermalas-malasan di rumah atau ke tempat wisata yang dekat saja.

Sebenarnya, ada cara jitu untuk menyiasati liburan pendek Anda dengan beberapa perencanaan yang matang. Tak perlu dana hingga membuat kantong bolong, kok. Nah bagi Anda yang ingin ke Yogyakarta dengan dana terbatas, berikut ini adalah tips berlibur hemat 3 hari 2 malam yang dilansir dari Travelingyuk.com, Minggu 14 Mei 2017.

Pilih kereta api weekdays

Pertama-tama untuk menghemat biaya transportasi, kereta api menjadi pilihan bijak Biasanya saat akhir pekan panjang, tiket sudah habis duluan dan harganya melambung naik. Oleh karena itu, beli minimal 30 hari sebelum keberangkatan.

Manfaatkan juga diskon atau promo yang diberikan oleh online travel agent terkemuka. Contohnya saja, dari Jakarta ke Yogyakarta tidak sampai Rp300 ribu untuk PP kelas ekonomi AC.

Sewa motor

Ketika berlibur tidak membawa kendaraan, banyak pelancong yang memilih untuk berjalan kaki atau menggunakan kendaraan umum. Namun sayangnya, kurangnya informasi mengenai jurusan kendaraan umum sering kali berakhir tersesat di jalan. Untuk menghindarinya, cobalah untuk menyewa kendaraan seperti motor.

Ini juga menjadi salah satu cara menghemat pengeluaran. Pesan minimal 7 hari sebelum keberangkatan dan minta agar sepeda motor diantar ke stasiun tempat Anda turun dari kereta api pada jadwal kedatangan kereta. Harga sewanya tidak mahal kok, mulai Rp60 ribuan saja sudah termasuk 2 buah helm dan jas hujan.

Total biaya yang harus Anda bayarkan selama beberapa hari sekitar Rp300 ribuan. Agar lebih terjangkau, Anda bisa patungan dengan teman yang akan berboncengan.

Sarapan di Pasar Bringharjo

Pasar Bringharjo di seberang Malioboro sudah terkenal menjadi pusatnya jajanan pasar murah meriah. Cukup dengan Rp10.000 saja kamu sudah bisa mendapatkan seporsi pecel nikmat. Makanan lain seperti gudeg, sate kere, soto, hingga nasi empal bisa kamu temukan di sini dengan harga murah.

Setelah selesai sarapan dan puas mencicipi aneka jajanan di Pasar Beringharjo, Anda bisa langsung bergegas ke tempat menginap, tentu Anda harus memesan sebelumnya. Di sekitar Malioboro terdapat beragam akomodasi mulai dari yang murah hingga mahal.

Seperti The Munajat Backpacker. Atau ada juga Wake Up Homestay dengan konsep seperti capsule hotel atau dorm. Biaya menginap per malamnya sekitar Rp100.000 saja.

Selanjutnya: Berlibur ke Yogyakarta dengan Dana Terbatas? Ini Siasat Jitunya (II) >>

(DR/DR)
NEXT: Berlibur ke Yogyakarta dengan Dana Terbatas? Ini Siasat Jitunya (II)
  1. Yogyakarta
  2. Wisata Indonesia
  3. Daerah Istimewa Yogyakarta
KOMENTAR ANDA