1. OTONOMI
  2. RAGAM

Juwata, Bandara Bersejarah Penggerak Ekonomi Kalimantan Utara

Bandara berumur ratusan tahun ini memiliki sejarah penting bagi Indonesia.

Bandara Internasional Juwata, Tarakan, Kalimantan Utara (dephub.go.id) ©2017 Otonomi.co.id
Reporter : Nur Chandra Laksana | Sabtu, 31 Desember 2016 19:32

Otonomi.co.id - Bandara Juwata yang berlokasi di Kota Tarakan, Kalimantan Utara merupakan salah satu dari beberapa bandara internasional yang ada di Indonesia. Namun, siapa sangka, bandara yang sudah memiliki umur ratusan tahun ini memiliki sejarah yang sangat panjang.

Dibangun pada zaman kolonial Belanda, bandara ini merupakan salah satu markas militer udara milik Belanda. Dibangunnya bandara ini karena pada saat itu, Kalimantan Utara merupakan salah satu lokasi paling strategis bagi Belanda untuk mengirim pasokan makanan dan peralatan dari negeri lain.

Namun pada saat Belanda jatuh di tahun 1942, seperti dikutip dari laman Dephub.go.id, tepat pada 11 Januari 1942 pesawat militer Jepang berhasil mendarat pertama kalinya di Indonesia. Selama 3,5 tahun, bandara ini dipertahankan mati-matian oleh Jepang untuk tetap menguasai wilayah Kalimantan.

Pada saat Indonesia merdeka, bandara seluas 12.400 meter persegi ini berhasil dikuasai Indonesia dan dijadikan sebagai bandara perintis. Dan baru pada tahun 2000, statusnya ditingkatkan menjadi bandara domestik dengan panjang runway 1.850 meter.

Setelah Presiden Joko Widodo dilantik, dengan membawa Nawacita untuk meningkatkan kualitas perekonomian Indonesia, dia memerintahkan untuk meningkatkan kapasitas penerbangan bandara ini.

Oleh karena itu, saat diresmikan kembali pada Maret 2016, bandara ini menyandang nama bandara internasional dan sudah memiliki panjang runway 2.250 meter yang mampu melayani 40 penerbangan setiap hari.

 

PILIHAN EDITOR

(NCL/NCL)
NEXT: Menyokong Pertumbuhan Ekonomi
  1. Kalimantan Utara
KOMENTAR ANDA