1. OTONOMI
  2. RAGAM

Ancol Bligo, Saluran Pembelah Yogyakarta Peninggalan Jepang

Proyek kanal itu berhasil terealisasi atas hasil kesepakatan Pemerintah Jepang dengan Sri Sultan Hamengku Buwono IX.

bendungan Ancol Bligo (kotawates.com). ©2017 Otonomi.co.id Reporter : Randi | Jum'at, 19 Mei 2017 18:12

Otonomi.co.id - Ancol Bligo, merupakan kawasan bermulanya saluran air terkenal di Yogyakarta, yakni Selokan Mataram. Di sana, terdapat pintu air yang mengalirkan air dari sungai Progo menuju Selokan Mataram yang membelah wilayah Kota Yogyakarta.

Sebagian wilayah Ancol Bligo terletak di Desa Banjaroyo, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Sisanya berada di Desa Bligo, Kecamantan Ngluwar, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Sebagai saluran air, tentu saja tempat ini memiliki fungsi penting sebagai tulang punggung sistem irigasi pengairan di Yogyakarta. Tetapi, Ancol Bligo dan Selokan Mataram menyimpan sejarah yang panjang.

Semuanya bermula saat kependudukan Jepang di Indonesia tahun 1942-1945. Pemerintah Jepang membangun sebuah proyek irigasi yang dikenal dengan Kanal Yoshiro atau Selokan Mataram.

Dilansir dari kotawates.com, Jumat, 19 Mei 2017, proyek tersebut berhasil terealisasi atas hasil kesepakatan Pemerintah Jepang dengan Sri Sultan Hamengku Buwono IX.

Jepang membiarkan sebagian besar warga Yogyakarta tidak dikirim ke luar Jawa untuk kerja paksa atau Romusha. Mereka yang tinggal itu kemudian dipekerjakan dalam pembuatan saluran irigasi tersebut.

Proyek irigasi itu diperuntukkan bagi pengairan sawah-sawah di daerah Yogyakarta, dimana manfaatnya dapat dirasakan sampai sekarang.

Berhulu di Kali Progo, aliran selokan Mataram berakhir di Kali Opak. Selain mengaliri Selokan Mataram, pintu air Ancol Bligo juga mengalir ke Saluran Van der Wijck, saluran yang dibangun oleh Belanda pada tahun 1914 untuk mengairi persawahan dan perkebunan di daerah Moyudan. Wilayah tersebut pada waktu itu merupakan daerah industri perkebunan gula.(ita)

PILIHAN EDITOR

(R/R)
  1. Jawa Tengah
  2. Ragam
  3. Kabupaten Kulon Progo
  4. Daerah Istimewa Yogyakarta
  5. Kabupaten Magelang
  6. Peninggalan Bersejarah
KOMENTAR ANDA
OTONOMI DAERAH
TERPOPULER
Nasional