1. OTONOMI
  2. RAGAM

Ramai-ramai Berburu Ikan di Kubangan di Banyuwangi, Seru!

Dalam lomba ini ada 500 ribu jenis nila merah dan tombro yang disebar untuk ditangkap.

Lomba berburu ikan dalam kubangan lumpur di Banyuwangi/merdeka.com. ©2017 Otonomi.co.id Reporter : Albert Randy | Selasa, 14 Februari 2017 09:31

Otonomi.co.id - Masyarakat Desa Bayu, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur berkumpul untuk mengikuti lomba menangkap ikan di kubangan sepetak sawah pada Senin 13 Februari 2017.

Lomba menangkap ikan ini dilakukan dengan tangan kosong tanpa menggunakan alat tangkap. Ada 500 ribu ikan jenis nila merah dan tombro yang disebar untuk ditangkap. Dalam lomba ini peserta harus jeli melihat dan merasakan gerakan ikan melalui tangan serta kedua kaki yang tidak memakai alas kaki.

Dilansir dari banyuwangimerdeka.com, Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Hary Cahyo Purnomo menjelaskan bahwa kegiatan lomba menangkap ikan atau disebut dengan "ngemek iwak" merupakan inisiatif dari masyarakat setempat. "Nanti ikan-ikan yang mereka dapat dari ngemek iwak ini bisa dibudidayakan di sawah mereka masing-masing," ucap Hary.

Lomba berburu ikan dalam kubangan lumpur di Banyuwangi
© 2017 otonomi.co.id/banyuwangikab.go.id

Seusai lomba, warga memasak ikan dan dinikmati bersama. Ruang silaturahmi akhirnya bisa tercipata melalui lomba tersebut.

Lomba menangkap ikan di sawah ini diharapkan bisa mendorong warga untuk menerapkan sistem pertanian mina padi. Mina padi merupakan jenis padi yang membutuhkan kubangan air, bisa dimanfaatkan untuk ditaburi benih ikan. Selain bisa membantu menyuburkan padi, petani juga bisa panen ikan yang dibudi daya.

Hingga saat ini di Desa Bayu sudah terdapat kelompok Pangan Mina Lestari (Pamili). Sudah ada 50 hektare sawah yang siap untuk budi daya ikan melalui sistem mina padi.

Hary melanjutkan bahwa 20 hektare sawah akan diproyeksikan untuk menjadi ekowisata, sehingga nantinya akan dibangun kafe di tengah sawah agar bisa menjadi destinasi wisata.

Desa Bayu juga memiliki Rumah Pangan Lestari (RPL) yang memanfaaatkan lahan depan rumah untuk ditanami aneka sayuran. (poy)

PILIHAN EDITOR

(AR/AR)
  1. Jawa Timur
  2. Ragam
  3. Kabupaten Banyuwangi
KOMENTAR ANDA