1. OTONOMI
  2. RAGAM

5 Kuliner Unik Ini yang Bikin Anda Betah di Pontianak

Kuliner ini dijamin akan menggoyangkan lidah Anda.

Kue Kantong Semar Pontianak (Digulis.com) ©2017 Otonomi.co.id
Reporter : Rizki Astuti | Sabtu, 07 Januari 2017 15:10

Otonomi.co.id - Pontianak merupakan ibu kota Provinsi Kalimantan Barat. Kota ini dikenal sebagai Kota Khatulistiwa karena dilalui garis khatulistiwa.

Tak hanya indah, kota ini juga dikenal sebagai tempat wisata kuliner. Keanekaragaman makanan khasnya menjadikan Pontianak sebagai surga kuliner bagi wisatawan lokal maupun asing.

Nah, bagi yang berniat berlibur ke kota Pontianak Anda perlu mencoba kuliner khas uniknya. Dijamin Anda pasti menyukainya. Dikutip dari Brilio.net, berikut lima kuliner yang akan menggoyang lindah Anda.

1. Kue kantong semar

Kue kantong semar berasal dari pedalaman dan pesisir Kalbar. Tetapi sering juga hadir di setiap acara daerah ataupun kenegaraan. Lalu kenapa kue ini jarang muncul?

Kue ini memang tanaman yang dilindungi, bernama latin nephentes. Namun atas kebijakan melestarikan adat dan budaya, pemerintah seakan memberikan keleluasaan bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan tanaman ini sebagai wadah penganan.

Biasanya masyarakat menjadikan kantong semar sebagai wadah beras pulut yang dicampur kacang merah dan dikukus. Soal rasa, tentunya akan menggugah selera dengan keunikannya.

2. Chai kue

Makanan khas Tionghoa ini memang sudah menyatu dengan lidah semua kalangan. Tepung beras yang dibentuk menjadi kulit penutup kuliner ini diisi dengan sayuran bawang kuchai, bengkuang, dan kedelai. Tak lupa ada tambahan taburan irisan bawang putih goreng yang menambah cita rasa tak terlupakan.

Chai Kue
© 2017 otonomi.co.id/ Instagram @cicimaryanti_411

Harganya juga murah. Hanya Rp1.000 sampai Rp2.000 per buah menjadikan makanan ini laris manis terjual.

 

(RA/RA)
NEXT: 5 Kuliner Unik Ini yang Bikin Anda Betah di Pontianak (II)
  1. Kalimantan Barat
  2. Kuliner
  3. Pontianak
KOMENTAR ANDA