1. OTONOMI
  2. RAGAM

Cicipi Lezatnya Soto Sangka Khas Banyumas yang Jadi Favorit Pejabat

Walau tidak disajikan dalam mangkuk besar, namun kuliner ini bisa membuat Anda ketagihan.

Soto Sangka (Instagram @Raydita P). ©2017 Otonomi.co.id Reporter : Dian Rosalina | Jum'at, 19 Mei 2017 11:20

Otonomi.co.id - Jawa Tengah dan Jawa Timur merupakan salah satu daerah yang memiliki ragam kuliner soto, misalnya di kabupaten Banyumas. Di kota ini banya kedai legendaris yang masih mempertahankan cita rasa aslinya.

Seperti Soto Sangka yang cukup terkenal di kalangan masyarakat dan pejabat daerah. Walau tidak disajikan dalam mangkuk besar, namun kuliner ini bisa membuat Anda ketagihan.

Soto nikmat ini bukan berasal dari warung yang mewah. Justru soto ini dijual di sebuah warung yang hanya berukuran 4x6 m.

Kedai Soto Sangka

(Warung yang menjual Soto Sangka/Instagram @ayarasya)

Di dalamnya tersedia 3 meja dengan 15 kursi plastik. Meski sederhana, cita rasa dari kuliner ini tetap nendang di lidah. Tak heran banyak mobil mewah mampir di warung ini.

Bagaimana tidak, hidangan ketupat, suwiran daging ayam kampung serta kuah kaya rempahnya begitu terasa di lidah. Ternyata, rahasia dari kelezatan soto ini ada pada cara mereka memasak yang masih menggunakan kayu bakar. Selain itu, bumbu yang digunakan juga racikan lama berupa jahe kunir, merica bala, bawang putih, dan bawang merah.

Soto Enak di Banyumas

(Soto Sangka/Instagram @Marshall Hans)

Untuk dapat menikmati kuliner legendaris yang telah berumur 92 tahun ini, Anda bisa mengunjungi Jalan Karangsawah, Desa Kedunguter. Dan Anda tidak perlu membayar mahal. Cukup dengan Rp3.000, Anda sudah bisa mencicipi semangkung soto Sangka. Biasanya, pengunjung yang datang ke sini selalu memesan dua porsi, dikarenakan takaran sotonya terlalu sedikit.

Soto Sangka di Banyumas

(Walau enak porsinya sedikit/Instagram @cessycaesaria)

Tidak hanya wisatawan saja yang berkunjung ke kedai Soto Sangka. Beberapa pejabat tinggi di Jakarta kadang juga terlihat mampir ke warung ini. Sebut saja Jenderal (Purn) Surono yang pernah menjabat sebagai menteri koordinator bidang politik dan keamanan pada masa Orde Baru. Wow!

(ita)

(sumber: Travelingyuk)

PILIHAN EDITOR

(DR/DR)
  1. Jawa Tengah
  2. Kuliner
  3. Kabupaten Banyumas
  4. Kuliner Daerah
  5. Kuliner Indonesia
KOMENTAR ANDA
OTONOMI DAERAH
TERPOPULER
Nasional