Pengertian dan Bidang-Bidang Manajemen

by -476 views
Pengertian dan Bidang-Bidang Manajemen
Sumber: kbrs.ca

Pengertian Manajemen

Manajemen adalah serangkaian perbuatan yang berfungsi untuk merencanakan, mengorganisasikan, memimpin, menggerakkan, dan mengawasi sekelompok orang agar tujuan tercapai dengan baik.

Berdasarkan pengertiannya terdapat ciri-ciri khas manajemen, yaitu:

  • adanya suatu proses,
  • adanya tujuan yang hendak dicapai,
  • adanya sekelompok orang,
  • adanya proses kerjasama dari seketompok orang-orang, dan
  • adanya hasil

Manajer adalah seseorang yang mempunyai tanggung jawab atas bawahannya. Manajer juga dapat dikatakan sebagai pemimpin. Oleh karena itu, manajer dalam menjalankan manajemen harus memerhatikan hal-hal sebagai berikut.

  • Memiliki pandangan yang luas
  • Cepat, tepat, dan tegas dalam mengambil
  • Pandai mendelegasikan wewenang.
  • Tanggap dalam menghadapi permasalahan organisasi.
  • Penerapan rasio dalam komunikasi penting tetapi ekspresi rasa lebih penting.
  • Ramah dan jujur dalam menyampaikan pesan.

Manajer yang efektif harus mengembangkan keterampilan dasar manajemen, yaitu keterampilan teknis, hubungan manusia, konseptual, pengambilan keputusan, dan manajemen waktu.

Manajemen seperti halnya disiplin ilmu yang lain, misalnya kedokteran, akuntansi, hukum, dan matematika. Artinya, bahwa manajemen dapat dipelajari dan untuk memperoleh pengetahuan manajemen melalui dasar-dasar kaidah keilmuan atau ilmu manajemen.

Dalam praktiknya manajemen bisa dipandang sebagai ilmu dan seni. Artinya, praktik manajemen memertukan disiplin ilmu yang lain. Misalnya, ilmu hukum, statistika, dan akuntansi. Adapun urusan yang berhubungan dengan sifat-sifat kemanusiaan, misalnya bagaimana memimpin dan memberikan pengarahan yang tepat kepada bawahan, dilakukan dengan menggunakan pendekatan seni.

 

Bidang-Bidang Manajemen

Semakin luas dan kompleksnya persoalan manajemen menjadi dasar pentingnya setiap urusan dikelola secara khusus. Persoalan umum dalam organisasi yang harus ditangani secara khusus dan sebagai dasar spesialisasi di bidang manajemen meliputi bidang sumber daya manusia, bidang keuangan, bidang produksi, bidang pemasaran, bidang administrasi, dan bidang informasi.

Manajemen sumber daya manusia meliputi pengadaan tenaga kerja, latihan dan pengembangan, kompensasi, promosi, mutasi, dan pengembangan karier.

Manajemen keuangan berfungsi menitik beratkan pada persoatan bagaimana mendapatkan dana yang dibutuhkan dan bagaimana dana digunakan serta bagaimana pengendalian penggunaan dana agar terhindar dari risiko kerugian.

Manajemen produksi adalah bidang manajemen yang berhubungan dengan bagaimana mengintegrasikan semua faktor produksi sehingga menjadi barang jadi.

Manajemen pemasaran adalah kegiatan yang menyangkut pengaturan organisasi pemasaran dan menjalankan fungsi-fungsi pemasaran agar penyaluran barang dan jasa dari produsen ke konsumen berjalan l

Manajemen administrasi bidang garapannya menitikberatkan kegiatan pada bagaimana efisiensi kepengurusan dan penyelenggaraan aktivitas-aktivitas dalam usaha mencapai tujuan yang ditetapkan. Sasaran bidang administrasi meliputi pemberian pelayanan kepada pegawai dan mereka pihak luar yang berhubungan dengan organisasi. Untuk mencapai sasaran tersebut harus melakukan penataan aktivitas-aktivitas melalui proses perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan, dan pengendalian.

Manajemen informasi adalah garapan bidang manajemen tentang bagaimana mengatur sumber daya informasi untuk mendukung kinerja dan hasil. Sistem informasi adalah sistem untuk mengubah data mentah menjadi informasi yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan. Dilihat dari tingkatan organisasi pengguna informasi meliputi mereka yang memegang jabatan sebagai manajer tingkat puncak, manajer tingkat menengah, dan manajer tingkat operasional. Sistem informasi yang dibutuhkan oteh mereka sesuai dengan tingkatan jabatannya, yaitu sistem informasi strategis, sistem informasi manajemen, dan sistem informasi operasional.

Penerapan fungsi manajemen dalam kegiatan sekolah. Konsep-konsep manajemen yang kalian pelajari bermanfaat bagi para siswa di dalam menjalankan berbagai aktivitas di sekolah. Bagi mereka pengurus OSIS dan pengurus kelas serta aktivitas lain yang diselenggarakan di sekolah dapat menerapkan fungsi-fungsi manajemen.