Pengelolaan dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam

by -725 views
Pengelolaan dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam
Sumber: britannica.com

Sumber daya alam adalah semua kekayaan berupa benda mati dan benda hidup yang ada dibumi dan dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan hidup manusia.

Pengelolaan Sumber Daya Alam Berdasarkan Prinsip Berwawasan Lingkungan dan Berkelanjutan

Sumber daya alam di permukaan bumi jumlah dan persebarannya tidak merata.Ada jumlah sumber daya alam yang berlimpah da nada yang jumlahnya terbatas. Sumber daya alam dalam pemanfaatannya apabila tidak berdasarkan prinsip berwawasan lingkungan dan berkelanjutan akan rusak. Pada dasarnya kerusakan sumber daya alam disebabkan peristiwa alam (banjir, gunung meletus, gempa bumi, angina topan, musim kemarau, tsunami, dan angina putting beliung) dan akibat perbuatan manusia (membuka hutan untuk pertanian, membuang limbah padat/ cair berbahaya, penggunaan pestisida dan insektisida berlebihan, dan lain-lain). Berikut ini beberapa upaya pengelolaan sumber daya alam berdasarkan prinsip berwawasan lingkungan dan berkelanjutan, yaitu:

  1. Penghijauan dan reboisasi
  2. Mencegah erosi dan menjaga kesuburan tanah berbukit/ miring dengan membuat sengkedan.
  3. Pengembangan daerah aliran sungai sebagai daerah konservasi.
  4. Pengolahan air limbah domestic dan indutri.
  5. Penertiban pembuangan sampah dan melakukan prinsip daur ulang sampah.
  6. Memanfaatkan sumber daya alam alternatif untuk mengganti sumber daya alam yang sudah ada, dan lain-lain.

 

Pemanfaatan Sumber Daya Alam Secara Arif

Dalam pemanfaatan sumber daya alam, manusia perlu arif.Ketersediaan sumber daya lama di permukaan bumi sangat beragam dan penyebarannya tidak merata.Ada sumber daya alam yang jumlahnya banyak da nada sumber daya alam yang jumlahnya terbatas.Apabila terjadi ketidakseimbangan antara jumlah penduduk dan persediaan sumber daya alam, maka dapat menyebabkan terjadinya kerusakan lingkungan.Contoh kerusakan lingkungan seperti pencemaran lingkungan, pembukaan hutan, dan permasalahan di bidang social. Agar sumber daya alam tersebut terus dapat memberikan manfaat.