Pendapatan Nasional

by -734 views
Pendapatan Nasional
Sumber: depositphotos.com

Pengertian Pendapatan Nasional

  1. Pendapatan nasiona merupakan jumlah tota antara upah, bunga, dan keuntungan yang diterima per tahun oleh warga negara. Pendapatan nasional juga disebut sebagai dividen nasional karena merupakan pendapatan nasional yang mencerminkan pendapatan pendapatan yang dibagi atas empat faktor produksi, yaitu tanah yang disewa, upah tenaga kerja, bunga atas modal, dan keuntungan perusahaan.
  2. lstilah lain dari pendapatan nasional adalah Produk Domestik Bruto (PDB). Diartikan sebagai total nilai barang dan jasa akhir yang dihasilkan oleh suatu perekonomian dalam periode tertentu yang dihitung berdasarkan nilai pasar.
  3. Produk Nasional Bruto (Gross National Product = GNP) adalah hasil penggabungan dan produk domestik bruto dengan pendapatan neto terhadap luar negeri. Jadi, pada PNB hanya dihitung total output warga negara saj
  4. Produk Nasional Neto (Net Notional Product) didapat dari produk nasional bruto dikurangi dengan penyusutan dan barang pengganti Jika ditulis dalam rumus, NNP = GNP (penyusutan + barang pengganti modal).
  5. Pendapatan nasronal neto adalah produk nasional neto dikurangi dengan pajak tidak langsung dan ditambah dengan subsidi. Jika ditulis dalam rumus, NNI = GNPpajak tidak langsung + subsidi.
  6. Pendapatan Perorangan (Personal lncome) adalah jumlah seluruh penerimaan yang benar-benar sampai di tangan masyarakat. JIka ditulis dalam rumus, PI = NNI + transfer payment – laba ditahan + iuran asuransi + iuran jaminan sosial + pajak perseorangan.
  7. Pendapatan Disposabel (Disposable lncome) adalah pendapatan perorangan setelah dikurangi dengan pajak penghasilan. Jika ditulis dalam rumus, Disposable lncome = Personal lncome – Pajak Penghasilan.
  8. PDRB adalah jumlah keseluruhan dari nilai tambah bruto yang berhasil diciptakan oleh seluruh kegiatan ekonomi yang berada pada suatu wilayah selama periode waktu tertentu. Misal, PDRB DKI Jakarta, PDRB Jawa Tengah, dan PDRB Sumatra Barat.

 

Manfaat Pendapatan Nasional

  1. Manfaat pendapatan nasional adalah sebagai sumber informasi untuk menganalisis perkembangan pendapatan dari tahun ke tahun, mengetahui struktur perekonomian suatu negara, dan mengetahur kemajuan suatu negara dalam mencapar kemakmuran.
  2. Manfaat yang diperoleh dari mempelajari pendapatan nasional adalah dapat menggambarkan jenis perekonomian dan strukturnya, membandingkan perekonomian antarnegara dan antardaerah, membandingkan pendapatan darr waktu ke waktu, dan membantu pemerrntah merumuskan kebijakan di bidang ekonomi.

 

Komponen-Komponen Pendapatan Nasional

  1. Komponen pendapatan nasional atas dasar pendekatan pendapatan adalah kompensasi untuk pekerla (compensation for employees), keuntungan perusahaan (corporate profits), pendapatan usaha perorangan (sole proprietor’s income), pendapatan sewa (rental income of person), dan bunga neto (net interest)
  2. Komponen pendapatan nasional atas dasar pendekatan pengeluaran adalah pengeluaran konsumsi rumah tangga, pengeluaran investasi, tabungan, pengeluaran pemerintah untuk barang dan jasa, dan ekspor neto

 

Metode Penghitungan Pendapatan Nasional

  1. Metode penghitungan pendapatan nasional dapat dilakukan dengan pendekatan pendapatan, pengeluaran, dan produksi.
  2. Pendekatan pendapatan (income approach) adalah suatu pendekatan yang menjelaskan bahwa pendapatan nasional diperoleh dengan cara menjumlahkan pendapatan dari berbagai faktor produksi yang memberi sumbangan terhadap proses produksi. Pada pendekatan pengeluaran, pendapatan nasional diperoleh dengan cara menjumlahkan nilai pasar dari seluruh permintaan akhn (final demand) atas autput yang dihasilkan di dalam perekonomian yang diukur pada harga pasar yang berlaku. Sedangkan, pada pendekatan produksi, pendapatan nasional diperoleh dari penjumlahan nilai seluruh barang dan jasa yang dihasilkan oleh berbagai sektor di dalam perekonomtan.

 

Pendapatan per Kapita

  1. Pendapatan per kapita merupakan indikator yang digunakan secara luas untuk mengukur tingkat kesejahteraan suatu masyarakat. Pendapatan per kapita adalah pendapatan rata-rata penduduk suatu Tinggi rendahnya pendapatan per kapita dipengaruhi oleh jumlah pendapatan nasional dan jumlah penduduk.
  2. Pendapatan per Kapita = Pendapatan Domestik Bruto (PDB) / Jumlah Penduduk
  3. Besarnya jumlah pendapatan nasional sangat bergantung pada pendapatan per kapita dan jumlah penduduk.
  4. Bank Dunia membagi negara-negara di dunia menjadi empat kelompok berdasarkan pendapatan per kapitanya, yaitu kelompok Negara berpendapatan rendah (low rncome economies) (≤$1.035), kelompok negara yang berpendapatan menengah ke bawah (lawer middle income economies) ($1.036 – $085), kelompok negara yang berpendapatan menengah tinggi (upper middle economies) ($4.086 – $12.615), dan kelompok negara yang berpendapatan linggi (high income economies) (≤$12.616).
  5. lndonesia dengan jumlah pendapatan per kapita 53.555 termasuk kelompok negara yang berpendapatan menengah ke bawah.