Pemahaman Tentang Bahasa Pemrograman Beserta Contohnya

by -1,103 views
Pemahaman Tentang Bahasa Pemrograman Beserta Contohnya

Bahasa komputer atau sering juga disebut dengan bahasa pemrograman ini sangatlah penting dipelajari oleh pemula, yang ingin memulai karier yang berhubungan dengan web. Bahasa pemrograman ini nantinya bisa menerjemahkan instruksi dari developer melalui sebuah web yang nantinya akan dipahami oleh komputer. Lantas bagaimana  contoh bahasa pemrograman untuk pemula itu? Mari simak uraiannya pada halaman berikut :

Apa itu Bahasa Pemrograman

Sebelum mengenal lebih lanjut, alangkah baiknya jika membahas tentang apa yang dinamakan dengan bahasa pemrograman terlebih dahulu. Bahasa pemrograman sendiri merupakan sebuah sintaks yang berguna untuk memerintah perangkat lunak pada komputer. Jadi bahasa komputer ini bisa digunakan sebagai alat untuk membuat suatu program pada komputer, dengan logika dari komputer tersebut.

Bagi pemula perlu diketahui juga bahwa belajar bahasa pemrograman ini memiliki banyak sekali kegunaannya. Di antaranya adalah pemula dapat membangun sebuah website, dapat mengolah data pokok, bahkan dengan ilmu bahasa pemrograman komputer ini pemula bisa membangun sebuah aplikasi.

Fungsi Bahasa Pemrograman

Selanjutnya setelah tahu apa itu bahasa pemrograman pemula juga harus mengetahui apa saja fungsi dari bahasa pemrograman tersebut agar makin giat belajar. Fungsi yang paling sederhana dari bahasa pemrograman ini adalah menjadi media komunikasi atau penghubung antara operator dan juga komputer. Juga bisa membantu membuat situs sesuai dengan yang dibutuhkan pebisnis atau pemrogram.

Selain itu bahasa pemrograman juga menjadi sebuah media untuk dapat mengoperasikan sebuah mesin. Para pemrogram juga bisa mengembangkan aplikasi yang dibangunnya menggunakan ilmu bahasa pemrograman tersebut. Kemudian fungsi lain yang dimilikinya adalah mampu memberikan sebuah perintah pada mesin atau perangkat lunak komputer.

Contoh Dari Bahasa Pemrograman

Pengguna mungkin tak akan puas jika hanya membaca rangkaian kata di atas saja, untuk itu kali ini juga akan dibahas contohnya. Untuk bahasa pemrograman sendiri sangat banyak jenisnya. Namun kali ini contoh yang akan disebutkan merupakan bahasa yang paling sering digunakan oleh kalangan programmer.

1. Java

Bahasa pemrograman pertama adalah Java, popularitasnya atau banyaknya digunakan bahasa ini sudah mencapai angka 19.3 persen. Angka tersebut dinilai dari banyaknya pencarian yang dilakukan di Google. Sejak Java dirilis pada tahun 1995 ketika itu pula sudah menjadi bahasa favorit yang banyak digunakan.

Bahasa yang digunakan pemrograman Java juga terbilang mudah. Oleh sebab itu akan mudah jika dipelajari oleh pemula sebab termasuk dalam bahasa pemrograman pada level tingkat tinggi. Dengan kata lain kode yang digunakan terbilang gampang juga mudah dibaca dan dipahami.

2. Python

Pada urutan kedua sebagai contoh bahasa pemrograman adalah python. Meski disebutkan pada urutan kedua bukan berarti ketenarannya masih kalah dengan Java, justru python lebih tenar atau populer dari bahasa sebelumnya itu. Jika popularitas milik Java hanya sebesar 19.3 persen maka python mencapai angka 29.72 persen.

Untuk fungsi atau kegunaannya dari bahasa pemrograman python sendiri tentu jangan ditanyakan lagi. Sebab python biasanya digunakan oleh perusahaan besar seperti Google, NASA, YouTube bahkan Reddit juga menggunakan pemrograman ini. Bisa dikatakan bahwa python ini menjadi bahasa pemrograman yang masuk pada level tinggi.

3. JavaScript

Selanjutnya contoh bahasa pemrograman untuk pemula yang bisa dipelajari adalah javascript. Seperti layaknya bahasa pemrograman fungsi dari javascript ini adalah untuk mengembangkan sebuah website agar makin menarik. Sebenarnya masih ada banyak bahasa pemrograman yang bisa dipelajari untuk tahu lebih lanjut bisa kunjungi contoh bahasa pemrograman dengan klik link tersebut.

Nah berikut tadi adalah  contoh bahasa pemrograman untuk pemula  yang perlu pemula ketahui. Bahasa pemrograman ini nantinya akan sangat membantu bagi para pemula untuk membangun website maupun aplikasi. Sedang untuk mengetahui contoh yang lebih banyak lagi tentang bahasa pemrograman bisa klik link yang sudah disediakan di atas.

No More Posts Available.

No more pages to load.