1. OTONOMI
  2. ORBIT

Keren, Kades Nyentrik di Pelalawan Bagi-bagi Tanah untuk Warga

Selain gayanya yang nyentrik, pada 2016 ia juga tercatat sebagai satu-satunya Kades di Indonesia yang menghibahkan tanah bagi 200 kepala keluarga

Kepala Desa Palas Samsari/riaumandiri.co. ©2017 Otonomi.co.id Editor : Desy Afrianti | Rabu, 04 Januari 2017 18:33

Otonomi.co.id - Desa Palas yang berada di Kecamatan Pangkalan Kuras, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau, ini mempunyai seorang kepala desa bernama Samsari, yang memiliki gaya nyentrik. Selain gayanya yang nyentrik, pada 2016 ia juga tercatat sebagai satu-satunya Kades di Indonesia yang menghibahkan tanah bagi 200 kepala keluarga yang belum memiliki rumah.

Tahun 2017 ini, Kades Samsari juga akan kembali menghibahkan tanah seluas 3 hektare yang dapat dibangun sebagai tempat tinggal bagi 50 kepala keluarga.

Samsir membagikan tanah tidak tanpa seleksi kepada warganya. Warga yang mendaftar ke kantor desa untuk mendapatkan tanah hibah itu akan diseleksi, sehingga lahan yang diberikan tepat sasaran. Rencananya ia akan memberikan tanah tersebut dalam waktu dekat ini.

"Insya Allah pada Februari nanti kita sudah mulai mengkapling lahan-lahan yang akan kita bagikan ke warga," ucap Kades Samsari dikutip dari riaugreen.com, Rabu 4 Januari 2017.

Saat ditanya motivasi dan tujuan perihal pembagian tanah kepada warga, ia mengatakan, kalau suatu daerah ingin maju, maka pimpinan daerah harus rela berkorban dan berani berbuat.

"Kalau hanya menunggu program pemerintah pusat maupun daerah tentu butuh waktu, maka saya berani ambil sebuah keputusan dengan berkorban memberi sebagian lahan yang saya punya untuk warga," tutur Kades berkepala plontos ini.

Mengenai lahan yang dibagikan, ada sebagian miliknya, ada yang tukar guling dengan warga dan ada juga yang diganti rugi. (Randi mulyadi/Poy)

(DA)
  1. Riau
  2. Kabupaten Pelalawan
KOMENTAR ANDA
OTONOMI DAERAH
TERPOPULER
Nasional