1. OTONOMI
  2. NEWS

Umbut Rotan, Pangan Berbahan Rotan ala Suku Dayak

Memiliki rasa gurih, asam, dan pahit, makanan ini dijamin membuat lidah Anda bergoyang.

Sayur umbut rotan (Getborneo.com). ©2017 Otonomi.co.id Reporter : Nur Chandra Laksana | Minggu, 08 Januari 2017 12:02

Otonomi.co.id - Tanaman rotan tenar sebagai salah satu bahan untuk mengikat benda atau dijadikan kerajinan karena kelenturannya. Namun, rotan juga dijadikan makanan loh. Tak percaya?

Suku Dayak, khususnya di Kalimantan Tengah bisa mengolah rotan menjadi sajian yang sangat nikmat. Masakan yang cukup diburu wisatawan adalah umbut rotan.

Suku Dayak Mencari Rotan
getborneo.com

Dikutip dari laman Getborneo.com, bahan utama dari kulier ini adalah tunas rotan yang masih muda. Bahan ini sangat mudah ditemukan di hampir seluruh daerah di Kalimantan. Orang Palangkaraya menyebutnya singkah uwei.

Umbut Rotan
getborneo.com

Untuk rasa, makanan ini bisa dibilang memiliki cita rasa khas yang menggoyang lidah. Campuran antara rasa gurih, asam, dan pahit serta aroma khas yang keluar saat rotan yang sudah direbus lama tersebut pastinya membuat ketagihan.

Umbut Rotan biasanya dimasak dengan bumbu minimalis. Namun untuk menghindari rasa bosan, tak jarang juga pangan ini dimasak dengan cara digulai, disayur, dan lainnya.

Biasanya, makanan pendamping ini disajikan bersama ikan patin bakar, sambal serai, atau dengan tambahan Mandai. Jangan lupa nasi panasnya ya. (ita)

 

PILIHAN EDITOR

(NCL/NCL)
  1. Kalimantan Tengah
  2. Suku Dayak
  3. Pemprov Kalimantan Tengah
KOMENTAR ANDA