1. OTONOMI
  2. NEWS

Sisukma, Aplikasi Surat-menyurat Pemkot Padang yang Paperless

"Syukur jika Kota Padang di kemudian hari dikenal sebagai kota peduli lingkungan karena sistem itu," ujar Wali Kota Padang.

Aplikasi Sisukma Kota Padang (Sisukma). ©2017 Otonomi.co.id Reporter : Rikko Ramadhana | Senin, 20 Maret 2017 19:31

Otonomi.co.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Padang, Sumatera Barat memiliki aplikasi surat-menyurat berbasis digital. Dengan aplikasi bernama Sisukma itu, surat-menyurat di lingkungan Pemkot Padang tidak perlu memakai kertas atau paperless.

Sisukma merupakan singkatan dari sistem informasi surat keluar dan surat masuk. Kepala Dinas Kominfo Kota Padang Didi Aryadi mengatakan, surat-menyurat kini cukup menggunakan smartphone.

"Lebih hemat waktu, biaya, serta mengurangi penggunaan kertas yang tentunya akan membuat lebih ramah lingkungan. Semoga dengan itu juga bisa meningkatkan efisiensi dan efektifitas layanan kepada masyarakat menuju Padang Smart City,” ujar Didi dikutip laman kabarnagari.com.

Wali Kota Padang Mahyeldi mengatakan selain cepat, manfaat lain yang akan diperoleh dengan sistem tersebut adalah efisiensi penggunaan kertas. Harapannya anggaran pembelian kertas pada pos alat tulis dan kertas dapat dikurangi.

"Syukur jika Kota Padang di kemudian hari dikenal sebagai kota peduli lingkungan karena sistem itu," ujar Wali Kota.

Dengan adanya aplikasi ini, Wali Kota berharap ke depannya seluruh Organisasi Perangkat Daerah di Wilayah Pemkot Padang bisa bekerja secara maksimal. Hal itu bisa membuat pelayanan prima bagi masyarakat Kota Padang.

"Semoga juga akan ada inovasi-inovasi berbasis teknologi informasi selanjutnya yang dihasilkan oleh OPD lainnya,” ujarnya.

Aplikasi Sisukma sendiri bisa dibuka melalui laman Surat Padang, selain efektivitas kertas aplikasi ini juga tidak memerlukan scanner karena seluruh kegiatan surat-menyurat bisa dilakukan melalui aplikasi ini. (ita)

PILIHAN EDITOR

 

(RR/RR)
  1. Sumatera Barat
  2. Padang
  3. NEWS
KOMENTAR ANDA