1. OTONOMI
  2. NEWS

Kemenag Kirim 200 Guru Madrasah Kuliah S2 di Finlandia

Kementerian Agama (Kemenag) menyiapkan anggaran sebesar Rp8 miliar untuk beasiswa Magister (S2) ke Finlandia.

Ilustrasi lulus kuliah (pixabay). ©2017 Otonomi.co.id Reporter : Rikko Ramadhana | Kamis, 27 Juli 2017 14:52

Otonomi.co.id - Kementerian Agama (Kemenag) menyiapkan anggaran sebesar Rp8 miliar untuk beasiswa Magister (S2) ke Finlandia. Anggaran tersebut dialokasikan untuk membiayai kebutuhan studi Magister bagi 200 guru madrasah seluruh Indonesia.

Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Suyitno mengatakan, pemberian beasiswa ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan peningkatan kompetensi guru madrasah. Adapun alokasi dana tersebut, lanjut dia akan diprioritaskan pada dua bidang mata pelajaran yakni ilmu sosial dan agama.

“Jadi sementara konsennya dua mapel tersebut. Akan tetapi ketika kuota tidak terpenuhi, tentu akan kita sesuaikan kebutuhannya,” ujar Suyitno dikutip dari kemenag.go.id Kamis 27 Juli 2017.

Terkait waktu pelaksanaan, Suyitno mengatakan pembelajaran akan dilakukan pada tahun 2018 mendatang. Namun, Pendaftaran dan rekrutmennya segera dilaksanakan di tahun ini, kemudian dilanjutkan pembekalan dan pembinaan.

Kemudian, para guru tersebut akan menimba ilmu selama tiga semester kuliah di dalam negeri dengan standar Finlandia University kemudian satu semester terakhir akan dilaksanakan di Finlandia University khusus penulisan tugas akhir (tesis). Kelebihan beasiswa ini, menurutnya akan ada skema penguatan inovasi pembelajaran. Program ini akan dijadikan sebagai piloting Guru Master.

“Guru Master adalah program pembibitan guru yang nantinya akan disebar ke madrasah-madrasah yang kita anggap masih ketinggalan yang berada di wilayah 3T (terdepan, tertinggal dan terluar) dalam meningkatkan mutu pendidikan,” ujarnya. (dwq)

PILIHAN EDITOR

(RR/RR)
  1. Ragam
  2. Nasional
  3. NEWS
KOMENTAR ANDA