1. OTONOMI
  2. NEWS

Setelah 55 Tahun, Akhirnya Desa di Barito Timur Merasakan Listrik PLN

Untuk menyambungkan listrik ke Desa Talang Baru, PLN menghabiskan dana sekitar Rp7,7 miliar.

Menara Sutet (medeka.com | supriatin). ©2017 Otonomi.co.id Reporter : Nur Chandra Laksana | Senin, 09 Januari 2017 14:50

Otonomi.co.id - Setelah 55 tahun tidak dapat mencicipi pasokan litrik dari PT PLN, akhirnya warga Desa Telang Baru Kecamatan Paju Epat Kabupaten Barito Timur, Kalimatan Tengah bisa berbahagia. Hal ini dikarenakan PT PLN sudah menyambungkan infrastruktur kelistrikan untuk dinikmati 350 Kepala Keluarga (KK) di desa tersebut.

"Kita patut bersyukur dan berterima kasih atas kerja keras PLN," ujar Bupati Barito Timur Ampera A.Y. Mebas seperti dikutip dari laman Merdeka.com, Senin 9 Januari 2017.

Pada awalnya Mebas sempat berpikiran PLN tidak mampu menjangkau desa tersebut dikarenakan kondisi akses yang sangat sulit. Namun pada Minggu 8 Januari 2017, mereka mampu mengabulkan impian warga desa tersebut.

"Jalan menuju desa ini sangat susah, namun saya melihat sendiri keseriusan Pemerintah melalui PLN dalam membangun kelistrikan," lanjutnya.

General Manager PLN Kalselteng Purnomo mengatakan, kerja keras yang dilakukan PLN tidak akan ada artinya tanpa bantuan dari Pemerintah Daerah dan seluruh elemen masyarakat. Menurutnya, sinergi yang telah terbangun sampai saat ini merupakan kunci kesuksesan dalam membangun kelistrikan.

"Listrik adalah awal tumbuhnya ekonomi dan kesejahteraan, tentunya hari ini menjadi kebanggan tersendiri bagi PLN dapat memberikan kado istimeda kepada masyarakat Desa Telang Baru dan Desa Juru Banu," ungkap Purnomo.

Untuk dana sendiri, Purnomo mengaakan menghabiskan dana lebih dari Rp7,7 miliar untuk membangun seluruh infrastruktur. Namun segala tenaga dan biaya yang dikeluarkan sebanding dengan apa yang didapatkan.

Untuk menjaga keandalan suplai listrik, lanjut Purnomo, diperlukan partisipasi bersama masyarakat untuk saling menjaga aset jaringan kelistrikan. Salah satu cara yang harus dilakukan adalah memangkas pohon yang hampir menyentuh jaringan listrik, agar suplai listrik tidak terganggu. (dwq)

PILIHAN EDITOR

(NCL/NCL)
  1. Kalimantan Tengah
  2. Kabupaten Barito Timur
KOMENTAR ANDA
OTONOMI DAERAH
TERPOPULER
Nasional