1. OTONOMI
  2. NEWS

Sekarang Beli Rumah Bisa Pakai BPJS!

Penyediaan tempat tinggal itu hanya bisa digunakan bila...

Ilustrasi Rumah yang bisa dibayar dengan cara mencicil alias KPR (bpjsketenagakerjaan.go.id). ©2017 Otonomi.co.id Reporter : Stella Maris | Senin, 07 Agustus 2017 08:01

Otonomi.co.id - Punya rumah sendiri kerap hanya menjadi mimpi bagi sebagian pekerja dengan gaji pas-pasan. Namun kini Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS-TK) menawarkan solusi. 

Melalui BPJS-TK, Pemerintah menawarkan fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Dalam penyediaan fasilitas tersebut, BPJS-TK menggandeng PT Bank Tabungan Negara (BTN) dan Perum Perumnas.

Dikutip laman bpjsketenagakerjaan.go.id, Direktur Pengembangan Investasi BPJS Ketenagakerjaan Krishna Syarif menjelaskan, penyediaan tempat tinggal itu hanya bisa digunakan bila karyawan sudah menjadi peserta aktif, selama minimal satu tahun.

Dengan demikian, karyawan tersebut bisa mengajukan kredit ke Kantor Cabang Bank BTN, dengan membawa sejumlah persyaratan yang dibutuhkan. Selain itu, pengajuan itu harus merupakan rumah pertama peserta.

Apabila pasangan suami dan istri merupakan peserta BPJS-TK, maka hanya satu pihak saja yang dapat mengajukan KPR. Proses pengajuan KPR ini mengacu pada syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh Bank BTN.

Soal jangka waktu kredit, Khrisna menegaskan, maksimal cicilan pemilikan rumah sampai 20 tahun. Sementara jangka waktu pinjaman uang muka perumahan mengacu pada jangka waktu yang ditetapkan Bank BTN dengan batas maksimal 15 tahun.

Perhitungan suku bunga yang berlaku mengacu pada ketentuan yang ditetapkan sesuai dengan BI Rate dan perhitungan dari Bank BTN. (ita)

PILIHAN EDITOR

(SM/SM)
  1. BPJS
  2. Nasional
  3. Rumah Murah
KOMENTAR ANDA