1. OTONOMI
  2. NEWS

Jokowi Minta Warga yang Duitnya Banyak untuk Belanja di Pasar Klewer

Menurut Jokowi, di Pasar Klewer ini tersedia 1.713 kios dan seribu lebih kios emperan.

Jokowi meresmikan Pasar Klewer bersama Wali Kota Solo FX Rudiyatmo (merdeka.com). ©2017 Otonomi.co.id Reporter : Rikko Ramadhana | Jum'at, 21 April 2017 18:51

Otonomi.co.id - Presiden Joko Widodo bersama Ibu negara Iriani Joko Widodo meresmikan Pasar Klewer, Solo, Jawa Tengah, Jumat 21 April 2017.

Peresmian pasar tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Presiden Jokowi dan disaksikan oleh Gubernur Jawa Tengah dan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo.

Jokowi mengajak masyarakat untuk berbelanja ke pasar, sebab saat ini kondisi pasar tradisional sudah jauh lebih bersih. Dia juga meminta pedagang untuk menjaga dan merawat Pasar Klewer agar selalu bersih.

"Yang duitnya banyak seperti Bu Mooryati (Mooryati Sudibyo) harus belanja ke Klewer. Buat apa kita ajak jauh-jauh ke sini kalau tidak belanja," ujar Jokowi dikutip laman merdeka.com.

Menurut Jokowi, di Pasar Klewer ini tersedia 1.713 kios dan seribu lebih kios emperan. Maka secara khusus ia meminta agar pedagang mau membersihkan jika pasar ini terlihat kotor. Selain itu, manajemen pasar juga harus diperbaiki agar kejadian kebakaran tahun 2014 tak terulang lagi.

"Manajemen harus diperbaiki. Nama kios dibikin yang teratur dan rapi, kabel ditata jangan semrawut seperti dulu. Sehingga Pasar Klewer ke depan patut dibanggakan," ujarnya.

Jokowi juga berjanji untuk terus melakukan revitalisasi pasar di seluruh Indonesia. Namun, jika daerah memiliki anggaran, tidak perlu menunggu anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).

"Syukur ada APBD, jadi APBN bisa digeser untuk yang membutuhkan. Tujuannya adalah untuk keadilan ekonomi bagi masyarakat," ujarnya.

Pasar Klewer punya wajah baru usai sempat terbakar hebat pada akhir 2014 lalu. Selama 1,5 tahun setelahnya, Pasar Klewer kembali dibangun dan bersiap kembali menjadi pusat tekstil terbesar di Jawa Tengah. (poy)

PILIHAN EDITOR

(RR/RR)
  1. Jokowi
  2. Nasional
  3. Presiden Jokowi
  4. Solo
KOMENTAR ANDA