1. OTONOMI
  2. NEWS

Inilah Sosok Sang Pencipta Kode Rahasia Pertama di Indonesia

Dalam waktu dua bulan, Roebiono membuat buku panduan membaca sandi-sandinya.

Roebiono Kertopati (Facebook Paling Indonesia) ©2017 Otonomi.co.id
Reporter : Stella Maris | Kamis, 16 Februari 2017 06:36

Otonomi.co.id - Tak memiliki pengetahuan intelejen yang mumpuni, tapi mampu menciptakan sandi tingkat tinggi untuk Indonesia. Adalah Roebiono Kertopati, pria kelahiran Ciamis 11 April 1914.

Laman Goodnewsfromindonesia.id menjelaskan, Roebiono awalnya hanya seorang dokter. Namun sekitar tahun 1940an, dia pindah ke Sydney dan bertugas sebagai tenaga medis pada Allied Intelligence Bureau.

Di sanalah perlahan Roebiono bersentuhan dengan dunia intelejen. Dia berjumpa dengan banyak orang yang sedang melaksanakan operasi yang bersifat rahasia. Hal tersebut membuat pengetahuannya mengenai dunia intelijen makin kaya.

Roebiono juga dikenal sebagai orang yang amat jenius. Dia menguasai empat bahasa, serta mampu menulis dengan dua tangan dalam waktu bersamaan.

Peninggalan Roebiono Kertopati di museum/Facebook Imam Budidharma

Meski awalnya dia tak memiliki banyak pengetahuan soal persandian, namun pria yang menjadi dokter kepresidenan semasa pemerintahan Soekarno itu menerima penugasan, dari Menteri Syarifoeddin untuk membuat sistem persandian Indonesia.

Dengan penuh ketelitian Roebiono membuat sistem kode berupa angka atau bilangan dari nol sampai sembilan. Sandi itu digunakan dalam badan pemberitaan rahasia yang disebut Dinas Code.

Buku Koin Terakhir yang diterbitkan oleh PT Bentang Pustara menginformasikan, Dinas Code dijalankan bersamaan dengan dibangunnya pemancar radio telegrafi. Jadi saat itu, operasional Dinas Code hanya menggunakan sistem sederhana. Dalam waktu dua bulan, Roebiono membuat buku panduan membaca sandi-sandinya. 

Selanjutnya: Kategori sandi buatan Roebiono...

 

 

(SM/SM)
NEXT: Kode untuk Para Pejuang
  1. Ragam
  2. Kabupaten Ciamis
  3. Cerita Sejarah
  4. Indonesia
KOMENTAR ANDA