1. OTONOMI
  2. NEWS

Pemkot Palembang Dirikan Tugu Bermotif Songket Senilai Rp3,3 M

Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan bahwa keberadaan Tugu Belido ini diharapkan akan menjadi ikon baru wisata untuk Kota Palembang.

Tugu Belido (Korankito.com/Bagus). ©2017 Otonomi.co.id Reporter : Dian Rosalina | Jum'at, 11 Agustus 2017 08:32

Otonomi.co.id - Pembangunan Tugu Belido senilai Rp3,3 miliar di Benteng Kuto Besak, Palembang, Sumatera Selatan telah mencapai 95 persen. Tinggal menunggu selesai finishing, pengecatan, dan mengukir fondasinya.

Tapi ada yang unik dari tugu yang bakal jadi ikon kota Palembang ini. Pemerintah kota (Pemkot) menambahkan ornamen songket Palembang. Dipilihnya ornamen songket dimaksudkan untuk menampilkan kekhasan kota Palembang.

Project Manager Pembangunan Tugu Belido Stephanus Alvin mengatakan, sebelumnya Tugu Belindo seharusnya berdiri dengan ketinggian 9 meter. Namun, karena ada perubahan dari Pemkot Palembang akhirnya tinggi tugu mencapai 5 meter dengan panjang 12 meter.

“Sekarang kita masih mengerjakan motif fondasi dan melapisi ikan dengan perak,” katanya dikutip dari Infopublik.id, Jumat 11 Agustus 2017.

Soal kekuatan fondasi, Alvin mengatakan tugu ditopang 12 tiang dari sebelumnya hanya empat. Tapi, setelah itu ada perubahan sesuai kajian bersama tim Universitas Sriwijaya untuk menambah lebih banyak fondasi agar lebih kuat.

Hal itu dikarenakan tubuh ikan belido ini dari bahan dasar baja yang berat. Kemudian untuk semburan air dari pompa mencapai 50 meter, tetapi dari mulut sampai ke sungai hanya 20 meter.

Sebelumnya, pembangunan sempat terkendala karena adanya pergeseran lokasi pembangunan. Ada perubahan lokasi, karena lokasi awal itu disebut masuk cagar budaya.

“Karena ada perubahan, jadi kita sempat terhenti pengerjaannya dua bulan. Karena, untuk pindah lokasi itu butuh waktu untuk mengecek kondisi tanah. Tapi, sekarang sudah tidak ada kendala lagi,” ujar Alvin.

Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan bahwa keberadaan Tugu Belido ini diharapkan akan menjadi ikon baru wisata untuk Kota Palembang.

“Ikon baru ini kami pastikan akan sangat luar biasa. Seperti Merlion Park yang ada di Singapura, kalau di Palembang menggunakan ikan belido, yang jadi khas kota kita,” ujar Harnojoyo. (dwq)

PILIHAN EDITOR

(DR/DR)
  1. Sumatera Selatan
  2. Palembang
KOMENTAR ANDA