1. OTONOMI
  2. NEWS

Cabai Super Asal Purworejo Ini Tahan Cuaca Ekstrem

Untuk saat ini, cabai super itu baru ditanam di Kecamatan Bruno saja.

Bupati Purworejo Agus Bastian (purworejokab.go.id). ©2017 Otonomi.co.id Reporter : Nur Chandra Laksana | Rabu, 11 Januari 2017 16:48

Otonomi.co.id - Akibat cuaca ekstrem, hampir seluruh petani cabai di Pulau Jawa gagal panen. Oleh karena itu, setelah melalui penelitian panjang, Pemerintah Kabupaten Purworejo berhasil membibit sebuah tanaman cabai yang tahan cuaca ekstrem.

"Di saat harga cabai yang begitu melambung dan cuaca yang tidak bersahabat, maka ada cabai jenis baru yang cukup baik untuk ditanam dan hasilnya cukup menggembirakan. Di tengah cuaca seperti sekarang ini, jenis cabai itu bisa tumbuh dan berbuah seperti yang diharapkan," ujar Bupati Purworejo Agus Bastian, seperti dikutip dari laman Purworejokab.go.id, Rabu 11 Januari 2017.

Dalam pengembangan cabai yang diberi nama Highbro ini, Agus mengaku memang ada campur tangan dari pihak ketiga. Oleh karena itu, mengungkapkan apresiasinya.

"Kita patut bersyukur dan berterima kasih kepada pengusaha yang bekerja sama dengan seluruh petani di Kecamatan Bruno ini. Semua pembiayaan pada tanam cabai kali ini dibayai oleh pengusaha," ungkapnya.

 Selain itu, para petani tidak terbebani kesulitan menjual cabai Highbro tersebut. Para pihak ketiga ini akan langsung membeli dari petani, tanpa harus melalui tengkulak.

Untuk saat ini, cabai super itu baru ditanam di Kecamatan Bruno saja sebagai lokasi pengembangan. Namun ke depan, dia berharap cabai ini bisa ditanam di seluruh daerah di Kabupaten Purworejo.

"Di masa yang akan datang kami berharap jenis cabai baru ini bisa ditanam di seluruh Kabupaten Purworejo. Ini perlu dicontoh di wilayah-wilayah lain. Saya ingin ke depan tidak hanya durian dan manggis saja yang dikenal, tetapi cabainya juga dikenal di wilayah Purworejo," katanya.

PILIHAN EDITOR

(NCL/NCL)
  1. Jawa Tengah
  2. Purworejo
  3. Kabupaten Purworejo
KOMENTAR ANDA
OTONOMI DAERAH
TERPOPULER
Nasional