1. OTONOMI
  2. NEWS

Anak Jalanan di Kota Padang Dilatih Mental Bela Negara

Sebelumnya rehabilitasi yang dilakukan hanya fokus pada keterampilan tambahan.

Ilustrasi anak jalanan (benradit.wordpress.com). ©2017 Otonomi.co.id Reporter : Ariyanti Ratna | Sabtu, 12 Agustus 2017 19:30

Otonomi.co.id - Pemerintah Kota Padang mengambil langkah unik dalam merehabilitasi anak jalanan di sana. Cara tersebut dilakukan agar anak jalanan tidak lagi kembali ke jalan, setelah mendaoatkan pelatihan di panti sosial.

Kali ini Dinas Sosial Kota Padang bekerja sama dengan Komando Resor Militer (Korem) 032 Wirabraja, dalam mendidik anak-anak yang direhabilitasi itu. Menurut Wali kota Padang Mahyeldi Ansharullah, ada sebanyak 25 anak jalanan yang mengikuti pendidikan Korem guna menanamkan mental bela negara.

Sebelumnya rehabilitasi yang dilakukan hanya fokus pada keterampilan tambahan, namun kini mulai ditanamkan sisi spiritual dan mentalitas. Pemkot Padang pun menegaskan akan memberikan pendampingan terhadap anak jalanan yang serius belajar dan memfasilitasi pemberian ujian persamaan.

"Pendidikan terpadu ini akan membekali anak-anak kami hingga SMA. Setelah itu, mereka akan dibina secara keterampilan agar siap kerja. Langkah ini nantinya menggandeng Dinas Ketenagakerjaan," ujar Mahyeldi, dikutip dari gosumbar.com Sabtu 12 Agustus 2017.

Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial, Marzuki mengatakan, Dinsos di setiap kabupaten dan kota di Sumatera Barat harus meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Agar bisa ikut mendidik anak jalanan, menjadi produktif.

"Pola pembinaan terpadu dikerjasamakan dengan Korem untuk membina mental. Dan ini tak hanya di sini, termasuk dengan hak hidup mereka," ujarnya. (dwq)

 

PILIHAN EDITOR

(AR/AR)
  1. Sumatera Barat
  2. Padang
KOMENTAR ANDA