1. OTONOMI
  2. NEWS

Menkominfo: 2018 Seluruh Wilayah Indonesia Terhubung Internet

Pemerintah dinilai perlu membatasi jaringan internet asing yang beroperasi di Indonesia

Menkominfo Rudiantara dalam Acara Konvensi Nasional Media Massa (setkab.go.id). ©2017 Otonomi.co.id Reporter : Rikko Ramadhana | Rabu, 08 Februari 2017 18:20

Otonomi.co.id - Pembangunan jaringan infrastruktur telekomunikasi serat optik yang akan menghubungkan jaringan internet ke seluruh Indonesia akan selesai pada 2018. Jaringan tersebut dinamakan Satelit Palapa Nusantara.

Hal itu dikatakan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara pada acara Konvesi Nasional Media Massa di Kota Ambon, Maluku, Rabu, 8 Desember 2017.

“Ketika seluruh pembangunan infrastrukturnya selesai, maka masyarakat di seluruh Indonesia akan terhubung secara internet hanya melalui telepon pintar,” kata Rudiantara, seperti dikutip dari Setkab.go.id.

Dalam acara yang merupakan rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional 2017, Menkominfo mengingatkan perlunya pembuatan regulasi untuk mengatur lalu lintas hal tersebut. "Tetapi juga jangan kebanyakan regulasi, yang justru dapat membingungkan," ujarnya.

Pembatasan internet asing
Dalam acara tersebut hadir pula CEO Media Nusantara Citra (MNC) Harry Tanoesudibyo yang didaulat sebagai salah satu pembicara. Harry Tanoe menekankan perlunya pembatasan terhadap jaringan internet asing yang beroperasi di Indonesia.

Menurut dia, kehadiran jaringan internet asing bisa menjadi ancaman, baik dari segi ekonomi, sosial budaya, dan stabilitas nasional. “Dari sisi sosial, internet asing juga telah mengubah budaya bangsa. Ini harus diatur regulasinya. Negara harus hadir melindungi kepentingan nasional,” kata Harry.

Ia mencontohkan suksesnya negeri Tiongkok yang melarang mesin pencari Google masuk negeri itu. "Pada saat bersamaan, kebijakan itu juga menumbuhkembangkan search engine lokal Baidu.  Dan, terbukti sukses," kata dia. (ita)

(RR/RR)
  1. Kemkominfo
  2. Nasional
KOMENTAR ANDA