1. OTONOMI
  2. NEWS

Menkeu Sebut Pentingnya Birokrasi Digital untuk Pantau Belanja Daerah

Mereka bisa melihat secara langsung wajah pemerintah Indonesia.

Menteri Keuangan Sri Mulyani/Nur Chandra. ©2017 Otonomi.co.id Reporter : Randi | Rabu, 10 Mei 2017 16:31

Otonomi.co.id - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, mengatakan birokrasi berbasis digital akan sangat bermanfaat dalam upaya pelayanan terhadap masyarakat. Salah satunya dapat menghilangkan calo nakal dalam birokrasi pemerintahan.

Kata dia, peningkatan pelayanan itu sangat penting bagi masyarakat. Karena, mereka bisa melihat secara langsung wajah pemerintah Indonesia. Ditambah, pelayanan dilakukan secara cepat dan akurat.

"Jika semua berbasis digital dengan pelayanan dari Aparatur Sipil Negara (ASN) sendiri baik, maka, birokrasi yang ribet di mata masyarakat akan hilang," ujar Sri dalam acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) 2017 Badan Kepegawaian Negara di Jakarta, Rabu 10 Mei 2017.

Menurut Sri, penerapan teknologi dalam sistem pemerintahan sangat membantu Kemenkeu, terutama dalam penggunaan dan pemantauan uang negara untuk belanja pegawai di pemerintahan daerah. "Saat ini, anggaran belanja pegawai melebihi 50 persen dari keuangan negara yang dikeluarkan," ujarnya.

Sistem digital, lanjut Sri, juga memudahkan masyarakat untuk mengetahui anggaran yang telah dikeluarkan pemerintah. Sehingga, jika dana yang dikeluarkan besar tetapi pelayanan sangat buruk, hal itu bisa dipertanyakan oleh masyarakat. "Masyarakat sekarang sudah pintar, dengan sistem digital ini, mereka akan mengontrol langsung lewat data yang sudah online," ujarnya.

Maka dari itu, kata dia, sekarang ASN perwakilan dari daerah berkumpul di sini, bertukar informasi dan berlomba menciptakan inovasi baru untuk perkembangan daerah. "Jangan sampai, berkumpul di sini hanya menghabiskan uang negara saja," kata Sri seraya diikuti tepuk tangan dari para peserta yang hadir.

(DA/R)
  1. Nasional
  2. NEWS
KOMENTAR ANDA