1. OTONOMI
  2. NEWS

Mendagri: Anggaran Pilkada Serentak 2017 Sudah Siap

Selain itu, jika ada kejadian tidak terduga maka pemerintah pusat siap untuk membantu.

Mendagri Tjahjo Kumolo (otonomi.co.id | Randi Mulyadi). ©2017 Otonomi.co.id Reporter : Nur Chandra Laksana | Selasa, 31 Januari 2017 09:32

Otonomi.co.id - Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2017, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyatakan pihak penyelenggara sudah siap dari segi pendanaan. Mulai dari KPU hingga Bawaslu dinyatakan sudah memiliki dana yang cukup untuk melakukan Pilkada serentak 2017.

"Saya kira tidak menjadi masalah terkait anggaran untuk KPU, Bawaslu, dan juga anggaran yang berkaitan dengan keamanan," ujar Tjahjo saat ditemui oleh tim Otonomi.co.id, Senin 30 Januari 2017 di Kantor Kemendagri, Jakarta.

Namun dia melanjutkan, kesiapan dana ini bukan berarti pusat tidak akan mengucurkan dana tambahan. Jika terjadi sesuatu yang tidak terduga, pemerintah pusat siap mengucurkan dana.

"Seandainya ada situasi yang tak terduga, baru nanti bisa anggaran pusat untuk membantu tingkat keamanan dari kepolisian, yang di-backup oleh TNI. Secara prinsip 101 wilayah yang ikut dalam pilkada serentak 2017 sudah siap," lanjutnya.

Selain itu, menyangkut keamanan, dia yakin Pilkada serentak 2017 akan berlangsung dengan aman.

"Kami yakin dengan adanya Forum Komunikasi Daerah (Forkuminda) dan BIN, akan bisa terdeteksi terlebih dahulu (jika ada gangguan)," kata dia. (dwq)

PILIHAN EDITOR

(NCL/NCL)
  1. Nasional
  2. Kemendagri
  3. Pilkada Serentak 2017
KOMENTAR ANDA