1. OTONOMI
  2. NEWS

Mendagri: Jangan Terlalu Sering Undang Kepala Daerah

Ia menyoroti perencanaan anggaran yang tidak efisien dan cenderung ke arah pemborosan salah satunya adalah kegiatan mendatangkan kepala daerah.

Mendagri Tjahjo Kumolo (kemendagri.go.id). ©2017 Otonomi.co.id Reporter : Rikko Ramadhana | Jum'at, 03 Februari 2017 14:11

Otonomi.co.id - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memberikan perhatian khusus terhadap rencana tahun anggaran 2017. Itu dilakukan agar anggaran digunakan semestinya. Komunikasi antara pusat dan daerah serta penggunaan anggaran menjadi pokok utama.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengingatkan kepada seluruh pejabat Kemendagri agar fokus dalam mengoptimalkan program-program yang telah direncanakan. "Prioritas program harus fokus, efektif dan efisien," ujar Tjahjo dalam keterangan tertulisnya di Jakarta Jumat 3 Februari 2017.

Ia berpesan kepada jajarannya agar menjalin komunikasi yang baik antara pemerintah pusat dan daerah, salah satunya adalah keterlibatan daerah dalam tiap perencanaan. "Program-program harus detail di mana daerah harus dilibatkan serta pengawasan untuk kualitas program kegiatan tersebut," ujar Tjahjo.

Ia menyoroti perencanaan anggaran yang tidak efisien dan cenderung ke arah pemborosan salah satunya adalah kegiatan mendatangkan kepala daerah. "Mulai dihilangkan saja program-program yang sifatnya rutinitas, jangan terlalu sering mengundang kepala daerah," ujar Tjahjo.

Secara khusus Tjahjo juga memberi perhatian kepada pejabat di jajaran sekertaris jenderal dan eselon 1 untuk menindak tegas pejabat-pejabat di bawahnya yang tidak memberikan kontribusi maksimal.

"Saya harapkan kepada sekjen dan pejabat eselon I untuk berani melakukan usulan pergantian bagi eseleon tiga dan dua yang kinerjanya dinilai kurang pas," ucap dia. (poy)

(RR/RR)
  1. Kemendagri
  2. Nasional
KOMENTAR ANDA