1. OTONOMI
  2. NEWS

Mendagri: E-KTP yang Habis Masa Berlakunya Tak Perlu Aktivasi Ulang

Beredarnya pemberitahuan tentang aktivitasi ulang e-KTP ini memang cukup meresahkan masyarakat, karena informasi yang diterima berbeda.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo (kemendagri.go.id). ©2017 Otonomi.co.id Reporter : Ariyanti Ratna | Rabu, 17 Mei 2017 12:51

Otonomi.co.id - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menegaskan bahwa Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau e-KTP yang telah habis masa berlakunya tak perlu diaktivasi kembali. Ia pun meminta masyarakat untuk tidak mudah percaya dengan beredarnya pemberitahuan tentang aktivasi kembali e-KTP yang telah habis masa aktifnya.

"Untuk e-KTP tidak perlu perekaman ulang, sebab NIK yang ada itu sudah terekam dalam sistem. Jadi e-KTP yang tercantum masa aktifnya tidak perlu aktivasi lagi," ujar Mendagri saat ditemui di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Jakarta, Rabu 17 Mei 2017.

Beredarnya pemberitahuan tentang aktivitasi ulang e-KTP ini memang cukup meresahkan masyarakat, karena informasi yang diterima berbeda dari sebelumnya. Tjahjo juga telah memberikan penegasan melalui keterangan persnya, bahwa informasi tersebut bukan keterangan resmi dari pihak Kemendagri.

"Ditjen Dukcapil Kemendagri sudah melakukan pencermatan terhadap berita tersebut dan kami pastikan bahwa berita tersebut bukan bersumber dari Kemendagri dan dukcapil, dan mengandung banyak kebohongan," kata Tjahjo.

Tjahjo menjelaskan, sesuai Pasal 101 huruf c, UU 24/2013 tentang Adminduk, bahwa e-KTP yang sudah diterbitkan sebelum undang-undang ini ditetapkan berlaku seumur hidup. ‌Hal itu, kata dia, menegaskan bahwa e-KTP tidak perlu lagi dilakukan aktivasi meski sudah habis masa berlakunya.

"Pengambilan data untuk pembuatan e-KTP hanya dilakukan sekali saat pertama membuat e-KTP," tegasnya.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang dapat merugikan masyarakat, Kemendagri akan membuat pengumuman resmi dan selebaran yang menjelaskan informasi tersebut dalam waktu dekat. (dwq)

PILIHAN EDITOR

(DA/AR)
  1. Kemendagri
  2. e-KTP
  3. Nasional
KOMENTAR ANDA