1. OTONOMI
  2. NEWS

Maksimalkan Ruang Publik, Pemkab Garut Rombak Alun-Alun pada 2018

Di sekitar alun-alun akan dibangun sejumlah fasilitas publik yang mempuni.

Alun-alun Garut (berkelanagarut.blogspot.id). ©2017 Otonomi.co.id Reporter : Randi | Jum'at, 11 Agustus 2017 12:08

Otonomi.co.id - Pemerintah Kabupaten Garut berencana merombak wajah Lapang Otto Iskandardinata atau alun-alun Garut pada 2018. Perombakan itu merupakan upaya memaksimalkan manfaat ruang publik dan mewujudkan Garut, Jawa Barat, sebagai kota layak anak.

Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan, alun-alun merupakan satu-satu ruang publik yang tersedia di kawasan Garut kota. Maka dari itu, Pemkab akan merombak total untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat. Sebab, saat ini masyarakat tidak punya banyak tempat bersosialisasi.

"Tahun 2018, alun-alun akan dirombak total. Lapang yang biasa digunakan upacara memperingati hari-hari besar itu, dan yang terletak di pusat kota tersebut akan ditata sedemikian rupa agar menjadi tempat yang lebih nyaman, aman, dan tentunya akan dinikmati masyarakat," kata Rudy dikuti dari garutkab.go.id, Jumat 11 Agustus 2017.

Perombakan yang dilakukan, lanjut dia, tidak akan mengubah bangunan di sekitar alun-alun. Penataan dilakukan agar kondisinya menjadi tertata lebih baik. Sehingga, upacara pun masih bisa dilakukan di sana.

"Pokoknya kalau lihat gambar rancangannya, di sana itu akan lebih asri, penjagaannya pun harus betul-betul," ujarnya.

Rudy mengungkapkan, perombakan itu merupakan program pemerintah pusat dengan sumber biaya dari APBN, dalam upaya penataan kota atau aset daerah. Program tersebut saat ini sudah masuk tahap detail engineering design (DED).

Selain perombakan pada wajah, di alun-alun Garut juga nantinya akan dibangun sejumlah fasilitas publik seperti air mancur, tempat bermain anak, plaza, dan lainnya.

"Ini bisa mempercantik daerah perkotaan, termasuk Babancong yang menjadi ikon Garut. Kami ingin menjadikan Garut itu kota layak anak. Dari beberapa spot di antaranya kita gunakan untuk permainan," ujarnya. (poy)

PILIHAN EDITOR

(R/R)
  1. Jawa Barat
  2. Kabupaten Garut
KOMENTAR ANDA