1. OTONOMI
  2. NEWS

Mahasiswa Indonesia Berjaya di Kompetisi Matematika Internasional

Sembilan mahasiswa Indonesia berhasil memborong medali pada ajang International Mathematics Competition di Bulgaria.

Kontingen Indonesia pada ajang IMC 2017 (Facebook/KBRI Sofia). ©2017 Otonomi.co.id Reporter : Rikko Ramadhana | Selasa, 08 Agustus 2017 15:20

Otonomi.co.id - Mahasiswa Indonesia berhasil memborong medali dan penghargaan dalam ajang International Mathematics Competition for University Students (IMC). Event tersebut diadakan pada tanggal 31 Juli – 6 Agustus 2017 di American University, Kota Blagoevgrad, Bulgaria.

Mereka adalah Stephen Sanjaya dari Universitas Pelita Harapan berhasil meraih medali emas sebagai juara pertama, kemudian Jefferson Caesario dari Universitas Airlangga. dan Poetri Sonya Tarabunga dari Institut Teknologi Bandung (ITB) meraih mendali perak.

Lalu dua mahasiswa Indonesia lainnya mampu meraih perunggu di Kompetisi Matematika Tingkat Internasional itu adalah Dewita Sonya Tarabunga dari ITB, dan Muhammad Khairul Ramadhan dari Universitas Indonesia.

Tak cukup sampai di situ, Antonio Kevin dari UI dan Garry Ariel dari Universitas Gadjah Mada meraih juara harapan. Sedangkan Yosua Feri Wijaya dari Universitas Diponegoro,  Muhammad Faikar Mustafidz Al-Habibi dari Universitas Negeri Malang mendapat sertifikat penghargaan.

Dilansir dari laman kemlu, Tim Indonesia terpilih ini merupakan hasil seleksi yang ketat mulai dari tingkat universitas hingga level nasional. Sebagai bentuk apresiasi, peraih juara pertama hingga ketiga akan memperoleh beasiswa dari Pemerintah RI untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Seperti diketahui, IMC ini merupakan yang paling bergengsi di kelasnya dan untuk tahun 2017 diikuti oleh 331 peserta dari puluhan negara di seluruh penjuru dunia.

Untuk tahun ini, Israel dan Rusia merupakan salah satu negara yang menduduki posisi atas. Kompetisi tersebut terbuka untuk mahasiswa dengan batasan umur maksimal 23 tahun. Seluruh soal ujian dalam bahasa Inggris dengan materi aljabar, analisis, geometri, dan soal-soal kompleks lainnya, harus diselesaikan dalam dua sesi yang masing-masing selama lima jam. (ita)

PILIHAN EDITOR

(RR/RR)
  1. Ragam
  2. Nasional
  3. NEWS
KOMENTAR ANDA